Fauzan, Ahmad (2010) Hubungan antara kecerdasan Emosional dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Agama siswa kelas II di Madrasah Aliyah Darul Falah Ramban Kulon Cermee Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03410018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (755kB) |
Abstract
ABSTRAK
Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang juga tinggi. Namun, menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional yaitu kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Sedangkan prestasi belajar adalah hasil belajar dari suatu aktivitas belajar yang dilakukan berdasarkan pengukuran dan penilaian terhadap hasil kegiatan belajar dalam bidang akademik yang diwujudkan berupa angka-angka dalam rapor, dan di khususkan pada mata pelajaran agama yaitu Aqidah Aklaq, Alqur’an Hadits, Fiqih Dan Sejarah Kebudayaan Islam.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada mata pelajaran agama siswa kelas II di Madrasah Aliyah Darul Falah Ramban Kulon Cermee Bondowoso. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian kuantitatif, dan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif korelasional. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian populasi dimana semua total dari populasi digunakan sebagai subjek penelitian.
Pada penelitian ini diketahui bahwa mayoritas siswa kelas II di Madrasah Aliyah Darul Falah Ramban Kulon Cermee Bondowoso memiliki tingkat kecerdasan emosional pada kategori sedang dengan prosentase 65,22%, Untuk tingkat prestasi belajar pada mata pelajaran agama siswa kelas II di Madrasah Aliyah Darul Falah Ramban Kulon Cermee Bondowoso berada pada kategori sedang dengan persentase 79,34%. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,296 dengan p 0,004 (<0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada mata pelajaran agama siswa kelas II MA.Darul Falah Ramban Kulon Cermee Bondowoso.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2023 11:51 | ||||||
Last Modified: | 28 Mar 2023 09:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43907 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |