Hanafi, Imam (2009) Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap keputusan pembelian pada swalayan Indomaret Klakah Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02220012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pasar memiliki potensi besar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dimana ketergantungan masyarakat pada mekanisme pasar sangat tinggi baik dari sisi pedagang maupun pembeli. Potensi pasar di Indonesia yang sangat besar mendorong antusiasme dan agresifitas para pemain mini market, super market, dan hypermarket. Sebagaimana Indomaret khususnya di Klakah yang menggunakan berbagai konsep untuk menarik perhatian banyak pengunjung karena salah satu ukuran keberhasilan suatu ritel adalah banyak-sedikitnya pengunjung berbelanja. Oleh karenanya, penelitian tentang persepsi masyarakat menjadi penting untuk mengukur kinerja Indomaret dari sisi konsumen.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk
memberikan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap keputusan pembelian pada swalayan Indomaret Klakah Kabupaten Lumajang Alat analisis yang digunakan adalah analisis faktor yaitu untuk menentukan beberapa variabel yang dipertimbangkan dari persepsi masyarakat, kemudian untuk lebih menjelaskan variabel-variabel persepsi yang mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat di Indomaret dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis faktor diketahui terdapat 21 item yang menggambarkan 6 faktor yang menjadi pertimbangan dari persepsi masyarakat terhadap keputusan pembelian pada swalayan Indomaret Klakah Kabupaten Lumajang. Secara simultan variabel persepsi masyarakat yang terdiri dari Promosi (X1), SosBud (X2), Harga (X3), Tempat (X4), Situasional (X5), dan Produk (X6) berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada swalayan Indomaret Klakah Kabupaten Lumajang. Secara parsial variabel persepsi masyarakat yaitu ; SosBud (X2), Harga (X3), Situasional (X5), dan Produk (X6) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada swalayan Indomaret Klakah Kabupaten Lumajang, sedangkan variabel Promosi (X1) dan Tempat (X4) secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada swalayan Indomaret Klakah Kabupaten Lumajang. Hasil kuadrat korelasi sederhana variabel bebas dan terikat menunjukkan bahwa variabel yang paling dominan pengaruhnya adalah variabel Situasional (X5).
ABSTRACT
Market has a big influence in upgrading the development of economic potential. In the meaning of that the society, it is better traders or purchasers, really depend on the market mechanism. Market potential in Indonesia supports very much the traders of mini market, super marker, and hypermarket to have enthusiasm and aggressive. For example: Indomaret, especially in Klakah which use some concepts to interest many purchasers. It is because of one of successful selling measurement is the visit of purchasers, many or little. That is why, the research on the perception of society is very important to measure the market mechanism of Indomaret based on their consumers.
It is a quantitative research that has aim to inform about factors that influence the
perception of society to make decision of purchasing in Indomaret self-service Klakah Lumajang regency. The instrument used to analyze is factor analysis; it is an instrument to take some considered variable based on the perception of society. Then, the researcher uses double linier regression to make clear and classify the variable of perception that influence society to make decision of purchasing in Indomaret Klakah.
Based on the factor analysis, it is known that there are 21 items that reflect 6
factors which is as consideration of the perception of society to make decision of purchasing in Indomaret self-service Klakah Lumajang. Variable of perception that consist of Promotion (X1), Social and Culture (X2), Cost (X3), Place (X 4), Situational (X5), and Product (X6) influence the decision to make purchasing in Indomaret Klakah Lumajang regency simultaneously. Social and Culture (X2), Cost (X3) Situational (X5), and Product (X6) are variable of the perception of society that influence the decision to make purchasing in Indomaret Klakah Lumajang regency partially. Weather Promotion (X1) and Place (X 4) are variable of the perception of society that don not influence the decision to make purchasing in Indomaret Klakah Lumajang regency partially. The result of simple quadrate correlation of free and bounded variable shows that the most dominant variable that influence the decision to make purchasing is Situational variable (X5).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nurdiana, Ilfi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Persepsi Masyarakat; Keputusan Pembelian; Perception of Society; Make Decision of Purchasing | ||||||
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics |
||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2023 12:03 | ||||||
Last Modified: | 10 Jan 2023 12:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43894 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |