Haris, Muhammad Fahrudin (2009) Implementasi pendidikan Inklusif pada anak berkebutuhan khusus di SDN II Sumbersari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03410002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (698kB) |
Abstract
ABSTRAK
Pelaksanaan pendidikan tidaklah harus membeda-bedakan antara satu dan yang lain, baik kemampuan fisik ataupun kemampuan intelektual. Pendidikan merupakan hak dasar manusia dalam kehidupan. Pendidikan kebutuhan khusus berpijak pada hambatan belajar dan kebutuhan anak. Oleh karena itu misi pendidikan yang paling penting adalah meminimalkan hambatan belajar dan memenuhi kebutuhan belajar anak. Setiap anak dihargai eksistensinya, ditumbuhkan harga dirinya, dikembangkan motivasinya dan diterima sebagaimana adanya, sehingga setiap anak akan berkembang optimal sejalan dengan potensi masing-masing. Pendidikan dipandang sebagai upaya memberdayakan individu yang memiliki keragaman. Anak tidak lagi dibeda-bedakan berdasarkan label atau karakteristik tertentu dan tidak ada diskriminasi antara anak yang satu dengan lainnya. Semua anak berada dalam satu sistem pendidikan yang sama. Pendidikan seperti inilah yang dimaksud dengan pendidikan inklusif.
Menurut piaget berfikir merupakan aktifitas gradual daripada fungsi intelektual dari kongret menuju abstrak. Berarti perkembangan kapasitas mental memberikan kemampuan baru yang sebelumnya tidak ada, perkembangan mental anak dipengaruhi oleh empat hal yaitu: kemasakan, pengalaman, interaksi social dan equilibration (proses dari ketiga faktor bersama-sama untuk membangun dan memperbaiki struktur mental). Pertumbuhan intelektual terjadi karena adanya proses yang kontinyu dari adanya equilibrium-disequalibrium. Dengan penerapan pendidikan inklusif diharapkan menumbuhkah faktor psikologis pendukung yang mampu menumbuhkan motivasi dalam belajar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif berusaha untuk mengambarkan suatu gejala sosial dan ekonomi, karena tertuju pada masalah yang ada saat ini. Secara umum sifat dari penelitian deskriptif adalah manafsirkan data. Deskriptif merupakan penelitian yang datanya berupa kata-kata (bukan angka) yang berasal dari wawancara, catatan laporan dan dokumen atau penelitian yang didalamnya mengutamakan untuk mendiskripsikan secara analisis suatu peristiwa atau proses sebagaimana adanya dalam lingkungan yang alami untuk memperoleh makna yang dalam.
Hasil penelitian yang didapat adalah pendidikan inklusif merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas program pendidikan bagi semua peserta didik, dengan bentuk layanan yang tepat (didasarkan pada kebutuhan, keunikan, dan karakteristik individu untuk menjamin keberhasilan mereka, penerapan pendidikan inklusif mempengaruhi psikologis anak dalam belajar yaitu akan menambah sebuah semangat baru untuk tidak berfikir menjadi yang terasing dalam kehidupan sosial, masih ada sebuah harapan untuk meraih masa depan.
ABSTRACT
The Implementation of education has not to differentiate between ones and the others, whether in physical ability or intellectual ability. Education is basic rights in life. Education special needs focus on obscure of study and the children need. Thus, the most important of education mission are to minimize the obscures of study and meet the children learning need. The existential of every child is dignities, support their self-esteem, grow up their motivation and receive what they are, until every child will grow up optimally in hand with their own potential. Education is viewed as the effort to delude individual who has variety. Children are not treated based on the level or characteristic and are not discriminated between ones and the others. All of the children are in the same system of education. That is called the inclusive education.
Piaget defined think as gradual activity than intellectual function from concrete to abstract. It means mental capacity development give a new ability that has not been before, the children mental development are influenced by four things, they are : maturity, experiences, social interaction and equilibration (process from three the same factors to make and repair mental structure). The Intellectual growing occurs because of a continuing process from the existence of equilibrium – disequilibrium. If we can keep the equilibrium, we will able to reach intellectual development in higher level. Cognitive development of study depend on accommodation (structure using process or individual ability to face the phenomena in their environment), the students are given something which have not known yet intended to make they learn, because the students can not learn from what they have known only. The students can depend themselves on assimilation. by something new, the students will be able to do some efforts to get accommodation, this situation will make the cognitive development easier.
It is concluded by using descriptive qualitative method; it is intended to describe phenomenon of economic and society, because it is designed based on the phenomenon at that time. Generally the characteristic of descriptive research is intended to depict or to explain the data. The data in this descriptive research are in forms of words (no number) from the interview, the report and document or the study in the intended to describe analytical phenomenon or process in the natural environment to obtain the deep meaning.
In conclusion, based on the analysis, inclusive education is the effort to increase education program quality for all of the students, in hand with their service (based on need, phenomenon, and individual characteristic to achieve their success, the application of inclusive education influence the psychology of children in learning process. It will give a new motivation not to get competition from social life; there is still hope to reach a future.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mustofa, M. Lutfi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Inklusif; Piaget; Anak Berkebutuan Khusus; Inclusive; Piaget; the Children Special Need | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2023 11:57 | ||||||
Last Modified: | 12 Jul 2023 10:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43891 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |