Sudianto, Asep (2007) Hubungan antara Kompetensi Sosial dengan Prestasi Akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03410075.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (495kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Lembaga pendidikan sebagai bagian dari lingkungan sosial merupakan dunia yang melatih keterampilan-keterampilan yang perlu dikuasai oleh anak didik dalam kehidupan bersama orang lain serta membantu mengembangkan penyesuaian sosialnya. Anak didik yang mengalami kesulitan belajar akan mengalami kesulitan bertingkah laku pula, seperti ketidakmampuan berbahasa yang dapat mempengaruhi hubungan sosial anak didik tersebut. Seseorang dikatakan belajar bila terdapat perubahan tingkah laku sebagai akibat kompetensi sosialnya dengan rangsang yang ada dalam lingkungan. Faktor kompetensi sosial mempunyai peran penting tehadap prestasi akademik mahasiswa, Misalnya mahasiswa yang aktif dalam lingkungan sosialnya seperti ikut intra kampus maka ia juga mampu mempunyai prestasi akademik yang tinggi. Kompetensi sosial adalah kemampuan untuk memilih perilaku yang tepat dan dapat membawa diri dalam berbagai situasi sosial dengan menggunakan pengetahuan sosial, empati, kepercayaan diri, dan sensitivitas sosial individu. Sedangkan prestasi akademik adalah Kemampuan individu dalam proses belajar dilihat dari indeks prestasi terakhir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi sosial mahasiswa psikologi, dan tingkat prestasi akademik yang mereka miliki, serta sejauh mana hubungan antara tingkat kompetensi sosial dengan prestasi kademik yang mereka miliki.
Dalam penelitian ini terdapat dua variable yaitu variable bebas kompetensi
social dan variable terikatnya prestasi akademik. Sample dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas psikologi semester II, IV, dan VI berusia 18-21 tahun yang berjumlah 65 orang, dilakukan dengan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk untuk mengukur kompetensi social dan data indeks prestasi mahasiswa. Untuk pengujian kualitas alat ukur digunakan Product Moment yang kemudian dikorelasikan dengan Part Whole untuk menguji validitasnya dan Alpha Cronbarch untuk menguji reliabilitas aitem angket, Sedangkan untuk mengetahui frekuensi digunakan porsentase. Seluruh data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan SPSS versi 10.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat kompetensi sosial yang dimiliki oleh mahasiswa psikologi UIN Malang berada pada tingkat sedang dengan porsentase 65%, demikian pula dengan tingkat prestasi akademiknya yaitu dengan porsentase 61,5% (sedang). Dengan menggunakan rumus korelasi Product
Moment dari Pearson, didapatkan hasil
rxy = 0,721 dengan taraf signifikansi 0,00
< 0,05 yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitan ini terbukti bahwa terdapat hubungan yang positif antara kompetensi sosial dengan prestasi akademik pada
mahasiswa UIN Malang. Yang artinya bahwa semakin tinggi tingkat kompetensi sosial maka semakin tinggi pula tingkat prestasi akademiknya.
ABSTRACT
Education institute as part of social environment represent world that train skills which need to be mastered by protege in others coexistence and also help to develop social adaptation of protege. Protege finding difficulties to learn, directly will find difficulity to behave, the example, disability of Ianguage can influence protege socials relation. Someone told have to learn if there any result of change of behaviour as effect of social interest between people with stimulus in its environment. social Interest factor have important role of akademic achievement of student, For example student who active in his social environment, like following intra campus, he also can have akademic achievement better. Social interest is Ability to chosen correct behavior and can bring self in so many social situation by using knowledge of social, empathy, trust of self, and social sensitivitas of individual. While achievement of akademic is Ability of individual in course of learning to be seen from achievement index (Last IP).
This research aim to to know the level of social interest and the level of achievement index of student of psychology faculty, and how far the relation mount interest of social psychology faculty student with achievement of akademic.
In this research there are two variable that is free variable of interest of
social while akademic while variable tied of achievement of akademic. Sample in this research is semester psychology faculty student of II, IV, and VI and also have age to 18-21 amounting to 65 people, conducted by conducted with method of purposive sampling. Instrument the used is or enquette of kuisioner for the interest of data and social make an index to student achievement. For the examination of measuring instrument quality used by Product Moment which later correlation with Part Whole to test its validity and Alpha Cronbarch to test enquette aitem reliabilitas.
The result of this research find that the level of social interest of student of psychology faculty at intermediate level with percentage of 65%, so also with the achievement level with percentage of 61,5%. By using correlation formula of Product Moment of Pearson, got by result = Achieve 0,721 with signification 0,00
< 0,05 meaning that hypothesis in this proven elite that there are relation which are positive between social interest with achievement of akademic at student of UIN Malang. With the meaning that excelsior mount social interest hence excelsior also mount its achievement of him.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Djazuli, Djazuli | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kompetensi sosial; prestasi akademik interest of social; achievement of akademic | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2023 11:56 | ||||||
Last Modified: | 10 Jan 2023 11:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43887 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |