Mudzhar, Ahmad (2009) Hubungan antara kecerdasan emosional dan intelektual dengan prestasi belajar siswa SMP Islam Jabung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
02410080.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (606kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang juga tinggi. Namun, menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu- satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional.
Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Jabung Malang dengan tujuan mengetahui tingkat kecerdasan emosional, tingkat kecerdasan intelektual, tingkat prestasi nelajar siswa dan hubungan antara kecerdasan emosional dan intelektual dengan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SMP Islam Jabung Malang. Sampel peniltian ini adalah siswa kelas IX berjumlah 72 orang.
Perhitungan validitas dan reabilitas dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson. Hasil analisis butir untuk 70 item angket kecerdasan emosional terdapat 64 butir item yang valid dan 6 butir item yang gugur. Berdasarkan hasil perhitungan reliabilitas diketahui bahwa variabel bebas kecerdasan emosional memiliki nilai korelasi Alpha sebesar 0.965, r tabel sebesar 0.235 dengan taraf kepercayaan 95% diperoleh nilai korelasi Alpha > r tabel, maka skala kecerdasan emosinal yang digunakan dalam penelitian ini dapat dipercaya (reliabel).
Berdasarkan hasil analisa penelitian diketahui bahwasanya dari 72 responden didapatkan 11 siswa (15,28 %) berada pada tingkat kecerdasan emosional yang tinggi, 49 siswa (68,05 %) berada pada kategori sedang dan 12 siswa (16,67 %) memiliki kecerdasan emosional yang cukup rendah. Berdasarkan data yang diperoleh dari sekolah dari 72 responden didapatkan 16 siswa berada pada tingkat IQ yang Superior, 30 siswa berada pada kategori cerdas, 21 siswa memiliki IQ yang tergolong high average dan 5 siswa memiliki IQ yang Average. Sedangkan, tingkat prestasi belajar siswa diketahui bahwa dari 72 responden didapatkan 20 siswa (27,77 %) berada pada tingkat prestasi belajar yang tinggi, 41 siswa (56,95 %) berada pada kategori sedang dan 11 siswa (15,28 %) memiliki prestasi belajar yang cukup rendah.
Hasil korelasi kecerdasan emosional dengan prestasi belajar diperoleh rhit 0.906, rtabel 0.000 dan nilai N adalah 72. Korelasi antara kecerdasan intelektual dengan prestasi belajar diperoleh rhit 0.680, rtabel 0.000 dan nilai N adalah 72. Dengan demikian, berarti hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima karena terdapat hubungan positif yang signifikan antara tingkat kecerdasan emosional dan intelektual (IQ) dengan prestasi belajar pada siswa SMP Islam Jabung Malang.
ABSTRACT
There are many people who argue that to achieve a high learning achievement required Intellectual Intelligence (IQ) which is also high. However, according to the latest research in the field of psychology to prove that IQ is not the only factor affecting one's learning achievement, but there are many other factors that affect one of them is emotional intelligence.
This research was conducted in Malang Jabung Islamic school in order to know the level of emotional intelligence, intelligence level, nelajar achievement levels of students and the relationship between emotional and intellectual intelligence to students' learning achievement. Data collection methods using questionnaires, interviews, observation and documentation. Population used is the entire Islamic junior high school students Jabung Malang. This is a sample peniltian IX class students numbered 72 people.
The calculation of the validity and reliability in this study using correlation techniques of Pearson product moment. The results of the analysis points to 70 emotional intelligence questionnaire items have 64 items with a valid point and 6 point items that fall. Based on calculations of reliability is known that the independent variable of emotional intelligence has a correlation value for the Alpha 0965, r registration table 0235 with 95% confidence level obtained correlation values alpha> r table, then emosinal intelligence scale used in this study trustworthy (reliable).
Based on the results of the research analysis is known that the 72 respondents obtained from 11 students (15.28%) are at the level of high emotional intelligence, 49 students (68.05%) are in the category of medium and 12 students (16.67%) have higher emotional intelligence low enough. Based on data obtained from the school obtained from 72 respondents were 16 students at the Superior IQ level, 30 students were on the smart media, has an IQ of 21 students classified as high average and 5 students have Average IQs. Meanwhile, learning achievement levels of students in mind that 72 respondents obtained from 20 students (27.77%) are at the level of high school performance, 41 students (56.95%) are in the category of medium and 11 students (15.28%) have learning achievement is low enough.
The results of the correlation of emotional intelligence learning achievements obtained by rhit 0906, rtabel 0000 and the value of N is 72. The correlation between intelligence with learning achievements obtained rhit 0680, rtabel 0000 and the value of N is 72. Thus, the hypothesis is proposed in this study received because there is a significant positive relationship between level of emotional and intellectual intelligence (IQ) and achievement in junior high school students studying Islam Malang Jabung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rahayu, Iin Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Kecerdasan Intelektual; Prestasi Belajar Siswa; Emotional; Intellectual Intelligence; Student’s Learning Achievements | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2023 11:58 | ||||||
Last Modified: | 29 Mar 2023 13:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43833 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |