Mukholladun, Wildanul (2009) Pengaruh kecerdasan Emosional terhadap kemandirian belajar siswa SMP Plus Darussalam Lawang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02410069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (515kB) |
Abstract
ABSTRAK
Kecerdasan Emosional menunjuk pada suatu kemampuan untuk mengatur dan mengelola dorongan-dorongan emosi yang terdapat dalam diri individu, dan kemandirian belajar bagi peserta didik merupakan sesuatu yang sangat penting, dikarenakan dapat membentuk rasa penuh tanggung jawab dan yakin dalam proses pembelajaran serta punya inisiatif dan kebebasan dalam berfikir dan bertindak.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kecerdasan emosional siswa SMP Plus Darussalam Lawang Malang. 2) Mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa SMP Plus Darussalam Lawang Malang. 3) Mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar siswa SMP Plus Darussalam Lawang Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kuantitatif, Yakni jenis penelitian yang menggunakan angka dalam mengumpulkan data dan menampilkan hasilnya. Suatu pendekatan penelitian yang bersifat Objektif, mencakup pengumpulan dan analisis data kuantitatif serta menggunakan metode pengujian statistik. Sampel dalam penelitian ini sebesar 100% dari populasi 85 peserta didik.
Temuan penelitian dianalisis dengan analis regresi satu prediktor dengan skor kasar, menunjukkan adanya pengaruh positif antara kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar siswa SMP Plus Darussalam Lawang Malang. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kecerdasan emosional siswa SMP Plus Darussalam Lawang Malang termasuk dalam kategori cukup yaitu berada pada interval 84 - 88 dengan nilai rata-rata sebesar 85,29. 2) Kemandirian belajar siswa SMP Plus Darussalam Lawang Malang termasuk dalam kategori cukup yaitu pada Interval 82 - 86 dengan ini nilai rata-rata 85,03. 3) Ada pengaruh signifikan dari kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar siswa SMP Plus Darussalam Lawang Malang ditunjukkan dengan hasil Freg : 6,463 dengan Dbreg: 1 dan Dbres: 83, yang menunjukkan signifikan bila dikonsultasikan dengan tabel F0,05 (3,96). Dengan demikian dapat diketahui bahwa rxy = 0,299, Freg= 6,463, sedangkan persamaan garis regresi linear dengan Y = aX + K yaitu Y= 0,29142098X+60,1747045. Hasil Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan para civitas Akademik, mahasiswa Fakultas Psikologi, terutama para guru sebagai pengajar, orang tua dan masyarakat dalam rangka meningkatkan kecerdasan emosional dan kemandirian belajar pada peserta didik.
ABSTRACT
Emotional Intelligence refers to an ability to organize and manage emotional impulses contained within the individual, and self study for students is something very important, because to form a full sense of responsibility and believe in the learning process and have the initiative and freedom in thinking and acting.
This study aims to 1) Knowing the emotional intelligence of students Junior Plus Darussalam Lawang Malang. 2) Determine the level of junior high school students to learning independence Plus Darussalam Lawang Malang. 3) To observe the influence of emotional intelligence on the independence of junior high school students' Plus Darussalam Lawang Malang. This research uses descriptive quantitative approach, That is the type of research that uses numbers in collecting data and displays the results. An approach to research that is objective, involves collecting and analyzing quantitative data and using statistical testing methods. The sample in this study 100% of the population of 85 learners.
The findings were analyzed with regression analysis of predictors with a score of rude, showed a positive influence between emotional intelligence to junior high school students learning independence Plus Darussalam Lawang Malang. Hypothesis testing showed that: 1) junior high school students Emotional intelligence Plus Darussalam Lawang Malang included in the category that is enough to be in the interval 84-88 with an average rating of 85.29. 2) Independence Plus Darussalam junior high students Lawang Malang included in the category that is enough in the interval 82-86 with an average of this value 85.03. 3) There was a significant influence of emotional intelligence on the independence of junior high school students' Plus Darussalam Lawang Malang indicated by the results Freg: 6.463 with Dbreg: 1 and Dbres: 83, which showed significant when consulted with tables F0, 05 (3.96). Thus it can be seen that rxy = 0.299, Freg = 6.463, whereas the linear regression line equation Y = AX + K Y = 0.29142098 X +60.1747045. The results of this study is expected to be material information and input of the civitas of Academic, Faculty of Psychology, especially the teachers as educators, parents and the community in order to enhance emotional intelligence and independence of learning on learners.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nuqul, Fathul Lubabin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar; Emotional Intelligence and Learning Independence | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2023 14:46 | ||||||
Last Modified: | 09 Jan 2023 14:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43823 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |