Vidianingsih, Rini (2009) Korelasi Motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama PGRI 01 Pujon. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02410017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (417kB) |
Abstract
ABSTRAK
Adanya proses pendidikan yang bertujuan mengemgembangkan motivasi dan prestasi belajar lebih banyak ditemukan dilingkungan sekolah, kesadaraan akan tanggung jawab mendidik dan membina anak secara terus menerus perlu dikembangkan kepada siswa Prestasi belajar merupakan hasil dari proses belajar yang ada disekolah yang akan menjadi informasi bagi siswa dalam mempertahankan atau meningkatkan prestasinya,yang diperoleh selama catur wulan yang sudah disimpulkan dalam bentuk nilai akhir yang di masukkan kedalam rapot. Motivasi belajar adalah suatu dorongan yang muncul dari dalam diri individu yang mendorong individu untuk melakukan suatu perbuatan belajar, dengan adanya prestasi belajar dan motivasi belajar siswa akan menjadi perhatian praktisi pendidikan hal ini disebabkan pernyataan rumusan masalah dalam penelitian yaitu bagaimana tingkat motivasi belajar dengan tingkat prestasi belajar siswa kelas VII sekolah menengah pertama PGRI 0I Pujon, dan bagaimana hubungannya motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di SMP PGRI 0I Pujon.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas VII di SMP PGRI 0I Pujon , untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui bagaimana hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMP PGRI 0I Pujon.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenisnya berupa korelasi yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara dua variabel tersebut. Metode pengumpulan data berupa angket, dokumentasi,dan observasi. Populasi penelitian ini siswa kelas VII dengan jumlah 80 siswa karena kurang dari 100 , Sehingga dapat diambil sampel total sebanyak 80 siswa. Analisis data yang digunakan adalah product moment person dengan menggunakan computer program SPSS for windows.
Berdasarkan hasil analisa dapat diketahui bahwa prestasi belajar siswa VII SMP PGRI 0I Pujon berada pada kategori sedang dengan sampel berjumlah 41 siswa atau 51,3%. Sedangkan tingkat motivasi belajar yang dimiliki siswa kelas VII SMP PGRI 0I Pujon diketahui pada kategori Tinggi dengan jumlah 46 siswa atau 57,5%. Korelasi antara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa signifikan dimana diketahui alpha 0,249 pada tarap 0,026. Dari temuan data diatas dan analisis pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar SMP PGRI 0I Pujon. Semakin tinggi motivasi belajar, maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya begitu juga sebaliknya motivasi belajar rendah maka prestasi belajarnya juga rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2023 13:03 | ||||||
Last Modified: | 09 Jan 2023 13:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43793 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |