Badriyah, Nurul (2007) Perbedaan Stres siswa pada sekolah Full Day School dan Half Day School: Studi kasus pada SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03410093.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (927kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Persaingan yang sangat padat menuntut manusia untuk mempunyai keterampilan di segala bidang, sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan siap saing. Bagi sistem pendidikan dituntut untuk meningkatkan kualitas sebagai wadah individu menjadi out put yang bermutu, dari sekolah full day school dan half day school. Dengan berbagai sistem pendidikan tersebut tidak menutup kemungkinan dapat mengakibatkan efek negatif maupun positif bagi peserta didik terutama pada stres siswa. Maka dari itu dapat dirumuskan bagaimana tingkat stres siswa sekolah full day school, bagaimana tingkat stres siswa sekolah half day school dan bagaimana perbedaan tingkat stres siswa pada sekolah full day school dan half day school.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat stres siswa sekolah full day school, untuk mengetahui bagaimana tingkat stres siswa sekolah half day school dan untuk mengetahui bagaimana perbedaan tingkat stres siswa pada sekolah full day school dan sekolah half day school.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif dengan populasi seluruh siswa SMA Nurul Jadid yang berjumlah 1203 orang yang terdiri dari 313 orang siswa sekolah full day school dan 890 orang siswa sekolah half day school. Pengambilan sampelnya berupa purposif sampling dengan menggunakan rumus Solvin yang masing-masing jumlah sampel 100 orang dengan kelonggaran 10%. Metode pengumpulan datanya berupa angket dan analisa data yang digunakan adalah uji t-tes.
Berdasarkan hasil uji t-tes diperoleh kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara stres siswa sekolah full day school dan half day school, dimana diketahui hasil t-hitung 1.682 lebih kecil dari pada t-tabel 1.9720 ( thit 1.682 ttabel 1.9720 ) artinya tidak ada perbedaan stres siswa sekolah full day school dan half day school.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | stress; full day school; half day school | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2023 13:01 | ||||||
Last Modified: | 28 Mar 2023 09:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43787 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |