Penerapan full day school dalam meningkatkan kreativitas siswa MTs Surya Buana Malang

Aprianita, Baiq Farida (2008) Penerapan full day school dalam meningkatkan kreativitas siswa MTs Surya Buana Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04410090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Perubahan arus globalisasi menuntut manusia untuk mempunyai keterampilan disegala bidang, dengan proses perkembangan tersebut dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan kreatif dalam menghadapi segala aspek permasalahan kehidupan. Kreativitas sangat penting karena dengan berkreasi dapat mewujudkan dirinya dan perwujudan diri termasuk salah satu kebutuhan pokok dalam hidup, kreativitas sangat memungkinkan manusia meningkatkan kualitas hidup sehingga kesejahteraan dan kemakmuran rakyat sangat bergantung pada kreatifnya seseorang dalam mengarungi kehidupan ini. Untuk meningkatkan kualitas hidup dan meningkatkan kreativitas siswa maka harus memperhatikan berbagai aspek seperti: sistem pendidikan, sekolah yang unggul dan bermutu, dll. Salah satunya adalah penerapan full day school dengan metode pembelajaran yang bervariasi dan beragam seperti ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dll dan juga pembelajaran yang menyenangkan dengan Learning by doing dan Learning by playing dengan berbagai metode pembelajaran ini siswa dapat mengekspresikan dirinya dan bisa merangsang sendiri berbagai informasi dan ilmu pengetahuan dengan sendirinya.

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan full day school dalam meningkatkan kreativitas siswa MTs Surya Buana Malang, apa faktor pendukung dan penghambat penerapan full day school dalam meningkatkan kreativitas siswa MTs Surya Buana Malang dan Bagaimana kreativitas siswa MTs Surya Buana Malang. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan full day school dalam meningkatkan kreativitas siswa MTs Surya Buana Malang, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan full day school dalam meningkatkan kreativitas siswa MTs Surya Buana Malang dan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa MTs Surya Buana Malang.

Penelitian ini merupakan penggabungan antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Sumber data (informan) penelitian kualitatif adalah dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru, Sampel penelitian kuantitatif yang diambil adalah siswa kelas VII dan VIII MTs Surya Buana Malang dengan jumlah 40 responden dengan teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan kuesioner atau angket. Instrument penelitian untuk kualitatif mengggunakan pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi dan untuk instrumen penelitian kuantitatif menggunakan angket kreativitas yang berjumlah 30 item. Analisis data untuk penelitian kualitatif menggunakan analisis kualitatif deskriptif, sedangkan analisis data untuk kuantitatif menggunakan Product Moment dengan bantuan komputer program SPSS versi 11.5 for windows.

Hasil penelitian mengenai Penerapan full day school dalam meningkatkan kreativitas siswa MTs Surya Buana Malang. Penerapan Full day school merupakan Proses pembelajaran yang berlangsung dari pagi sampai sore (06.45-16.00 WIB) dengan menerapkan berbagai metode pembelajaran yang bervarias seperti: Metode ceramah, Metode diskusi, Metode tanya jawab, Metode demonstrasi, peta konsep, dll dan pembelajaran yang menyenangkan seperti dengan Learning by doing dan Learning by playing, dengan berbagai kegiatan akademik dan non akademik. Faktor pendukung Penerapan full day school dalam meningkatkan kreativitas siswa MTs Surya Buana Malang adalah diterapkannya berbagai metode pembelajaran yang bervariasi dan beragam dan adanya program-program unggulan sekolah, pengembangan sumber daya manusia (SDM), madrasah yang bernuansakan lingkungan Islami dan alami, dan kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan outbond dan studi empiris keberbagai tempat yang bisa menambah ilmu pengetahuan dan mengembangkan kreativitas siswa karena siswa mampu menyerap dan merangsang informasi dengan sendirinya. Faktor penghambatnya adalah keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah. Tingkat kreativitas siswa MTs Surya Buana Malang berada pada tingkat sedang yang ditunjukkan dalam prosentasi 70%. Saran untuk MTs Surya Buana Malang dengan informasi hasil penelitian ini bisa dijadikan dokumentasi untuk mempertahankan prestasi dan meningkatkan kreativitas baik dalam bidang akademik dan non akademiknya dan memperhatikan sarana dan prasarana madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mulyadi, Mulyadi
Keywords: Full Day School; Kreativitas; MTs Surya Buana Malang
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Desy Putri Andika
Date Deposited: 12 Aug 2016 03:04
Last Modified: 12 Aug 2016 03:04
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4375

Actions (login required)

View Item View Item