Pelaksanaan fullday school dalam pembetukan kepribadian anak di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Bakti Ibu Madiun

Kuspiyah, Yanti (2008) Pelaksanaan fullday school dalam pembetukan kepribadian anak di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Bakti Ibu Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
02140071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Sebagaimana dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional yakni untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokrasi serta bertanggung jawab. Maka pembentukan kepribadian harus dilakukan dengan kontinu dari diadakan pemeliharaan sehingga menjadi matang dan tidak mungkin berubah lagi. Pada dasarnya kepribadian anak tidaklah terbentuk dengan sendirinya, akan tetapi harus melalui proses kehidupan yang panjang. Oleh karena itu faktor yang mempengaruhi dalam perjalanan hidup anak tersebut. Salah satu upaya untuk membentuk kepribadian anak yang berkualitas adalah melalui sekolah yang berbasis agama. Dan menerapkan sistem fullday school agar pembentukan kepribadian secara kontinu tersebut dapat mencapai hasil.

Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Pelaksanaan Fullday School dalam Pembentukan Kepribadian Anak di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Bakti Ibu Madiun.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan fullday school dalam pembentukan kepribadian anak di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Bakti Ibu Madiun, serta faktor apa yang mendukung dan menghambat pelaksanaan fullday school dalam pembentukan kepribadian anak di Madrasah Terpadu Bakti Ibu Madiun.

Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dan metode yang digunakan dalam memperoleh data adalah dengan menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Dan sebagai kesimpulan akhir dapat dikemukakan:

1). Pelaksanaan fullday school dalam pembentukan kepribadian anak di Madrasah Iibtidaiyah Terpadu (MIT) Bakti Ibu Madiun dilaksanakan mulai pukul 07.15 WIB sampai 15.30 WIB yang menggunakan model sekolah dengan pemadatan 5 hari efektif yakni Senin sampai Jum'at, hari Sabtu dikhususkan untuk kegiatan ekstrakurikuler baik yang wajib maupun tidak wajib. Selain itu ada kegiatan tambahan yang dikhususkan kelas 6 yakni pertama, jam ke-0 yakni jam 06.30 WIB yang diadakan untuk menambah materi pelajaran seperti Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia. Kedua, PRIMAGAMA, yang dilaksanakan setiap hari Jum'at dan Sabtu. Yang ketiga, Night Study Club (NSC) yang dilaksanakan sebulan sekali untuk memantapkan materi pelajaran, akhlak, moral, aqidah anak. Dan selama pembentukan kepribadian anak Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Bakti Ibu Madiun melakukannya secara kontinu. Pembelajaran yang santai, belajar sambil bermain dan dalam pelaksanaan tidak harus dikelas.

2). Faktor pendukung pelaksanaan fullday school dalam pembentukan kepribadian anak di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Bakti Ibu Madiun adalah tersedianya dana yang cukup karena faktor dari wali murid yang berasal dari golongan ekonomi menengah keatas dan siswa. Sedangkan faktor penghambat selama pembentukan kepribadian anak adalah kurangnya sarana dan prasarana terutama ruang belajar dan keluhan siswa dengan jarak tempuh dari rumah kesekolah yang jauh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ghony, M. Djunaidi
Keywords: Fullday School; Pembentukkan Kepribadian Anak
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 11 Aug 2016 20:05
Last Modified: 11 Aug 2016 20:05
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4373

Actions (login required)

View Item View Item