Ulfa, Maria (2008) Implementasi manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MAN I Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
02140064.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (787kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan merupakan kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan suatu bangsa dan wahana dalam membangun watak suatu bangsa. Sistem pendidikan yang baru menuntut faktor dan kondisi baru pula baik yang berkenaan dengan sarana fisik maupun non fisik.
Perkembangan zaman menuntut terhadap dunia pendidikan untuk senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. Sebagaimana telah diketahui bahwa dalam mencapai kualitas pendidikan hendaknya mengorientasikan pendidikan pada tujuan pendidikan nasional yakni untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut maka perlu adanya faktor yang saling terkait, salah satunya adalah dengan manajemen sarana prasarana pendidikan dengan baik dan benar. Secara tidak langsung sarana prasarana yang ada di sekolah sangat menunjang dalam proses belajar mengajar, oleh sebab itu sarana prasarana tersebut harus dikelola oleh orang-orang yang ahli dalam bidangnya supaya sarana prasarana tersebut selalu dalam kondisi siap pakai ketika dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Seringkali kita jumpai sarana dan prasarana yang ada di sekolah belum dimanfaatkan secara baik dan optimal, misalnya buku paket dan bantuan alat-alat seperti mikroskop dan alat peraga yang ada di sekolah hanya sebagai pajangan saja. Karna itu manajemen sarana prasarana pendidikan bertugas mengatur dan menjaga sarana prasarana pendidikan agar dapat memberikan kontribusi secara optimal dan berarti pada jalannya proses pendidikan.
Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dengan judul Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Malang I.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Malang I, bagaimana proses manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Malang I dan hasil yang diperoleh dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui manajemen sarana prasarana di Madrasah Aliyah Negeri Malang I.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dan metode yang digunakan dalam memperoleh data dengan menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi.
Dan sebagai kesimpulan akhir dapat dikemukakan bahwa:
Implementasi manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasasah Aliyah Negeri Malang I, selalu dilakukan secara optimal. Hal tersebut nampak pada kelengkapan sarana prasarana yang dimiliki oleh Madrasah Aliyah Negeri Malang I dalam menagani sarana prasarana tersebut langsung ditangani oleh guru bidang studi masing-masing dibawah pengawasan Waka sarana prasarana hal tersebut bertujuan agar lebih efektif dan efesien.
Dalam proses manajemen sarana prasarana pendidikan, Madrasah Aliyah Negeri Malang melaksanakan secara berurutan, dimulai dari perencanaan pengadaan, pengadaan, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan.
Hasil peningkatan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Malang I, memperoleh hasil yang memuaskan dengan apa yang selama ini dilakukan. Karena dengan adanya sarana prasarana yang mamadai maka proses belajar mengajar berjalan dengan lancar sesuai dengan yang di harapkan
Sebagai saran bagi Madrasah Aliyah Negeri Malang I seyogyanya untuk implementasi manajemen sarana prasarana hendaknya ditangani oleh orang yang benar-benar ahli dalam mengelola sarana prasarana tersebut sehingga kapanpun sarana prasarana tersebut dibutuhkan selalu dalam kondisi siap pakai. Sehingga keterlibatan guru tidak sepenuhnya ikut andil, dengan begitu tugas guru sebagai pendidik tidak terpecah belah. Sedangkan dalam proses manajemen sarana prasarana seyogyanya direncanakan lebih matang lagi terhadap kebutuhan dalam proses belajar mengajar sesuai dengan dana yang ada. Dan untuk hasil yang diperoleh dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan hendaknya lebih ditingkatkan kembali, dengan melakukan pembaharuan dan melakukan berbagai inovasi agar sarana prasarana selalu berkembang secara terus menerus dalam menunjang kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Djumransjah, M. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen; Sarana Prasarana; Kualitas Pendidikan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2016 03:04 | ||||||
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4370 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |