Sa'adah, Maliatus (2008) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian muslim siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Malang 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04110046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dalam era globalisasi saat ini, kemajuan IPTEK dan masuknya budaya-budaya asing telah mempengaruhi bangunan dan kebudayaan serta gaya hidup manusia. Kenyataan semacam itu, akan mempengaruhi nilai, moral, sikap, atau tingkah laku kehidupan individu dan masyarakatnya. Karena itu Pendidikan semakin dibutuhkan oleh manusia, karena Pendidikan dipandang sebagai salah satu aspek yang memiliki peranan penuh dalam membentuk generasi muda agar memiliki kepribadian yang baik dan utama. Maksudnya, kepribadian yang memiliki sopan santun, prilaku atau akhlak dan moral yang baik. Guru atau pendidik adalah salah satu faktor pendidikan. Dalam melaksanakan pendidikan Islam, peranan pendidik sangat penting artinya dalam proses pendidikan, karena ia bertanggung jawab dalam menentukan arah pendidikan tersebut. Pendidik sangat bertanggung jawab dalam pembentukan pribadi peserta didik. Guru tidak hanya mengajar atau menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik, tetapi juga bertanggung jawab terhadap pembentukan pribadi anak sehingga sesuai dengan
ajaran agama Islam.
Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis melakukan penelitian di MTsN Malang 1 dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) malang 1? (2) Apa saja faktor yang menunjang dan menghambat upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) malang 1?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Beberapa deskripsi tersebut digunakan untuk menemukan prinsip-prinsip dan penjelasan yang menuju pada kesimpulan. Jenis penelitiannya adalah studi kasus. Kehadiran peneliti bertindak sebagai observer. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Dalam proses mengumpulkan dan memperoleh data secara akurat penulis menggunakan beberapa teknik peangumpulan data, yaitu observasi, dokumentasi dan interview kemudian data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Teknis analisis datanya dengan cara meredukdi data, display data, dan mengambil kesimpulan kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi. Adapun adapun tahap-tahap penelitiannya yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyeleseian. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam, Wakil kepala bidang kesiswaan, Koordinator bidang keagamaan, Koordinator bidang bimbingan dan konseling.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa dalam membentuk kepribadian siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) malang 1 Guru Pendidikan Agama Islam mengupayakan beberapa hal, di antaranya yaitu melalui: 1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan 3) Sikap dan Kepribadian Guru yang menjadi panutan dalam menanamkan nilai-nilai ajaran agama, 4) Pendidikan Kebiasaan melakukan ibadah yaumiyah 6) Pelatihan Kedisiplinan.
Faktor-faktor Yang Mendukung Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kepribadian Siswa di MTsN Malang 1 adalah: 1) Adanya kerja sama antara guru pendidikan agama Islam dengan seluruh civitas akademika MTsN Malang 1, 2) Adanya kerjasama guru pendidikan Agama Islam dengan orang tua/ wali murid, 3) Adanya tata tertib siswa (TATIBSI) yang sudah mapan, 4) Adanya lingkungan keagamaan yang kondusif baik di sekolah maupun di rumah, 5) Adanya kegiatan keagamaan di luar jam pelajaran. Faktor-faktor yang menghambat adalah 1) Kurangnya perhatian serta motivasi dari orang tua, 2) Kurangnya suri tauladan dari guru-guru, 3) Adanya unsur keterpaksaan dari diri siswa-siswi, 4) Adanya pengaruh media masa yang berdampak negatif bagi perkembangan kepribadian siswa, 5) pengaruh lingkungan yang negatif, 6) kurangnya kerjasama dengan pihak kantin.
Sebagai kelanjutan penelitian ini, maka penulis memberikan saran kepada madrasah agar tetap mempertahankan citra baik madrasah dan mempertahankan prestasi-prestasi yang telah diraih oleh madrasah, Peningkatan seluruh guru dan karyawan terutama Guru Pendidikan Agama Islam dalam memberikan suritauladan yang baik bagi siswa-siswi MTsN Malang 1 dalam tingkah laku sehar-hari di lingkungan madrasah, Bagi seluruh guru terutama guru yang mengajar mata pelajaran umum diharapkan dapat mengintegrasikan materi pembelajaran dengan ajaran agama Islam (dalil Al-Qur'an dan Al-Hadits) sebagai salah satu upaya dalam pembentukan kepribadian Muslim siswa untuk memberikan pemahaman yang lebih luas terhadap agamanya, Seyogyanya guru pendidikan agama Islam (GPAI) memperbanyak wawasan dengan membaca buku-buku agama dan umum serta berusaha mengikuti informasi-informasi yang sedang terjadi saat ini dalam upaya pengembangan pandidikan. Serta harus menyadari perkembangan masyarakat yang sudah sangat kompleks. Guru agama harus berlaku sesuai dengan kaidah-kaidah Islam, karena guru agama secara langsung maupun tidak langsung membawa misi Islam dan menjadi panutan bagi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam; Kepribadian Muslim | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2016 14:15 | ||||||
Last Modified: | 15 Aug 2016 14:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4368 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |