Pengaruh modeling terhadap sopan santun siswa Sekolah Alam SDI Surya Buana Malang

Faizah, Nailul (2008) Pengaruh modeling terhadap sopan santun siswa Sekolah Alam SDI Surya Buana Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04410065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (705kB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Sopan santun adalah nilai yang mengatur tata cara bersikap antar manusia, dengan sopan santun individu dapat dinilai baik dan buruk. Tidak semua anak berperilaku dengan sopan santun yang baik (positif) namun sebuah fenomena sangat menarik di SDI surya buana, seperti telah menjadi kebiasaan mayoritas siswa bergegas mengulurkan tangannya untuk bersalaman ketika kepala sekolah berjalan melewati mereka. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian perilaku siswa menunjukkan sopan santun yang baik. Perilaku siswa tersebut tidak terjadi dengan sendirinya tanpa pengaruh apapun, maka setelah mempelajari bebarapa teori dan melihat hasil penelitian terdahulu peneliti membangun asumsi bahwa perilaku sopan santun tersebut dipengaruhi oleh modeling.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana deskripsi modeling yang dilakukan oleh siswa? Bagaimana deskripsi sopan santun siswa? Apakah modeling berpengaruh terhadap sopan santun siswa SDI Surya Buana Malang? Tujuannya adalah untuk mengetahui deskripsi modeling siswa, mengetahui deskripsi sopan santun siswa dan membuktikan ada atau tidaknya pengaruh modeling terhadap sopan santun siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, lokasi penelitian di Sekolah Alam Bilingual SDI Surya Buana Malang. Angket digunakan sebagai instrument utama, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai instrument pendukung. Angket ini diberikan pada sampel penelitian yang berjumlah 46 siswa. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik quota dan purposif sampling. Hasil respon angket dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana.

Hasil penelitian ini telah menjawab beberapa tujuan penelitian. Mengenai modeling siswa di deskripsikan dalam bentuk kategori. Kategori ini dibagi dalam tiga tingkatan yakni tinggi, sedang dan rendah. Hasilnya adalah 8 siswa memiliki tingkat modeling tinggi, 37 siswa memiliki tingkat modeling sedang dan 1 siswa memliki tingkat modeling rendah. Adapun prosentase tiap kategori adalah 17,3 % siswa termasuk pada tingkat Modeling tinggi, 80,4% siswa termasuk pada tingkat modeling sedang dan 2,17% siswa termasuk pada tingkat sopan santun rendah. Sebagaimana modeling sopan santun siswa juga dideskripsikan dalam bentuk kategori. Hasilnya adalah 9 siswa memliki tingkat sopan santun tinggi, 34 siswa memiliki tingkat sopan santun sedang dan 3 siswa memiliki tingkat sopan santun rendah. Adapun prosentase tiap kategori adalah 19,5 % siswa termasuk pada tingkat sopan santun tinggi, 73,9 % siswa termasuk pada tingkat sopan santun sedang dan 6,5% siswa termasuk pada tingkat sopan santun rendah. Uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai F0 = 20.286 dan F table = 19,47 maka H0 ditolak yang berarti bahwa ada pengaruh modeling terhadap sopan santun siswa Sekolah Alam Bilingual SDI surya Buana Malang.

ENGLISH :

Attitude is norm which control how we behave toward other people, by this human is categorized as good and bad. It is commonly accepted that not every child well-behaved (positive), yet there is a unique phenomenon in SDI Surya Buana, it is accustomed that every student greets their teachers by kissing their hands. This indicates that students well-behaved. This is not happened spontaneously, then after related to several theories and review of the previous researches show that good attitudes are influenced by modelling.

Statement of the Problem is how does description of students modelling in SDI Surya Buana Malang? How does description of students attitudes in SDI Surya Buana Malang? and are there exist the influence of modelling toward students attitude?. The purpose of this study are to find out the description of students modelling, to find out the description of students attitudes and verifying whether there exist the influence of modelling toward students attitude.

This research uses quantitative method, the location of the research is in Sekolah Alam Bilingual SDI Surya Buana Malang. Brochure is the major instrument, observation, interview and documentation are secodary instruments. Brochures which were delivered to the students are 46. The sample of the research is taken by quota and purposive sampling techniques. The responses of the brochures analyzed with simple linear regression analysis technique.

The results of the study have answered several purposes of the study. The students modelling are described in the form of category. This category is divided into three levels, high, moderate, and low. The results show that 8 students have high modelling level, 37 students have moderate modelling level, and 1 student has low modelling level. The percentages of the category are 17,3% students at the modelling level high, 80,4 % in moderate level of modelling, and 2,17% students in low level of modelling. Hence, students attitude toward modelling are described in the form of category. The results are, 9 students have level of attitude high, 34 students have level of attitude moderate and 3 students have level of attitude low. The percentages of each category are 19,5% students in the high level of attitude, 73,9% students in the moderate level of attitude, and 6,5% students in the low level of attitude. Hypothesis test is using simple linear regression analysis indicates that F0 = 20.286 and F table = 19,47 thus H0 is rejected, means that there exist the influence of Modelling toward students attitude in Sekolah Alam Bilingual SDI Surya Buana Malang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Arifin, Zainul
Keywords: Modeling; Sopan Santun; Modelling; Attitudes
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: puput nuzilatin fithroh
Date Deposited: 12 Aug 2016 03:03
Last Modified: 12 Aug 2016 03:03
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4363

Actions (login required)

View Item View Item