Responsive Banner

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunarungu di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Bandaran III Pasuruan

Febrianto, Dhany (2008) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunarungu di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Bandaran III Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (670kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Sekolah Luar Biasa mendidik para siswa untuk memiliki dasar landasan ketrampilan dan ilmu, khususnya ilmu Agma agar memiliki dasar kepribadian yang luhur dan Dalam menyampaikan ilmu-ilmu agama melalui pembelajaran agama Islam kepada para siswa tunarungu seorang guru agama Islam harus memiliki pengetahuan khusus dan metode yang tepat dalam pembelajaran agar maksud, pengertian dan tujuannya dapat sampai pada para siswa tunarungu sehingga para siswa memahami dan mengamalkan ilmu agama

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Bandaran III Pasuruan dan untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Bandaran III Pasuruan

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Bandaran III Pasuruan serta mengetahui metode yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Bandaran III Pasuruan

Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif karena dalam penjabarannya tidak menggunakan angka-angka (statistik). Sedangkan dalam pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara langsung dengan kepala sekolah Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Bandaran III Pasuruan serta dengan guru agama Islam dan beberapa murid, observasi kelokasi penelitian, serta dokumentasi Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Bandaran III Pasuruan dan selanjutnya dilakukan pengambilan kesimpulan.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru memaparkan bentuk sajian materi yang mudah dicerna dengan bahasa dan pemahaman mereka sedangkan materi pelajaran agama Islam sama halnya dengan materi pada anak normal lainnya baik isi pelajaran agama Islam maupun kurikulumnya bedanya pada bentuk penyampaian materi dan penekanan belajar siswa. Bentuk penyampaian materi dengan menggunakan bahasa isyarat dan. Penekanan materi pada pembelajaran agama Islam adalah nilai-nilai moral dan agama yang ditujukan kepada siswa agar pada waktu proses belajar dikelas bisa menerima materi pelajaran, faham, mempraktekkannya, serta mengamalkannya di lingkungan sekolah atau lingkungan keluarga atau masyarakat. Adapun caranya agar siswa tunarungu mudah memahaminya dalam mengamalkan nilai-nilai moral dan agama maka guru agama Islam harus menterjemahkan nilai-nilai agama dan moral dalam pembelajaran agama Islam ke dalam bentuk aplikasi sehari-hari yang mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa tunarungu. Dalam menyampaiakan nilai-nilai moral dan agama. Adapun metode pembelajaran agama Islam pada siswa tunarungu adalah metode ceramah, tanya jawab dan demonstrasi penggunaan metode pembelajaran disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan tidak terpaku pada satu metode saja tetapi metode-metode tersebutdikombinasikan secara tepat.

Pada proses pembelajaran agama Islam pada siswa tunarungu terdapat problematika yang menghambat proses pembelajaran antara lain keterbatasan siswa dalam mendengar, dan berkomunikasi secara normal serta karakter siswa yang kurang percaya diri, tertutup dan agresif. Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran pendidikan agama Islam adalah dengan penggunaan bahasa isyarat, memadatkan waktu belajar sebaik mungkin dengan disertai dengan parktik, tugas dan tanya jawab, serta menyampaiakan materi dengan bersuara yang lantang dan pas adapun upaya lain yang dapat dilakukan guru agama Islam adalah instruksi untuk membaca buku pelajaran terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Masduki, Masduki
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMasduki, MasdukiUNSPECIFIED
Keywords: Pembelajaran; Pendidikan Agama Isalam, Siswa Tunarungu
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 12 Aug 2016 03:08
Last Modified: 12 Aug 2016 03:08
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4352

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item