Wahono, Tri (2008) Peran guru agama dalam meningkatkan hasil belajar anak didik di Sekolah Dasar Negeri 2 Arjowinangun Kedung Kandang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04110043.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Menurut Adi Negoro, prestasi adalah segala jenis pekerjaan yang berhasil dan prestasi itu menunjukkan kecakapan suatu bangsa. Kalau menurut W.J.S Winkel Purwadarmtinto, “ prestasi adalah hasil yang dicapai “. Berdasarkan pendapat diatas, penulis berkesimpulan bahwa prestasi adalah segala usaha yang dicapai manusia secara maksimal dengan hasil yang memuaskan. Kemampuan kognitif adalah kemampuan yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalkan seseorang mempunyai persepsi pengamatan atau penyerapan terhadap suatu objek kajian. Berarti ia mempunyai pengetahuan dan penguasaan terhadap ojek itu, dalam artian ia terbentuk suatu persepsi, dan pengetahuan itu di organisasikan secara sistematik untuk menjadi miliknya. Setiap saat dibutuhkan, penggetahuan yang dimiliki dapat direproduksi. Hal ini merupakan tingkat kemampuan kognitif. Guru agama Islam adalah aparat fungsional secara langsung melaksanakan tugas mengajar mata pelajaran pendidikan agama islam di sekolah umum sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang telah ditetapkan.
Dalam rumusan masalah penulis yang di gunakan adalah bagaimana peningkatan hasil belajar anak didik di SDN 2 Arjowinangun, Bagaimana peran guru agama terhadap anak didik dalam meningkatkan hasil belajar anak didik di SDN 2 Arjowinangun, Apakah faktor pendukung dan penghambat guru agama dalam meningkatkan hasil belajar anak didik di Sekolah Dasar Negeri 2 Arjowinangun.
Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif, dan dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang diamati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru agama dalam meningkatkan hasil belajar anak didik di SDN 2 Arjowinangun adalah baik karena terdapat di antara anak didik mampu mengalami peningkatan hasil belajar khususnya pada ranah kognitifnya. Peningkatan hasil belajar anak didik dapat dikatakan berhasil karena 55% anak didik mampu mengalami peningkatan hasil belajar (pada ranah kognitif).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Perkembangan; Hasil Belajar; Peran Guru Agama | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2016 03:09 | ||||||
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4350 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |