Peranan kepala sekolah dalam mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam di MTS Al-Maarif 01 Singosari

Agustina, Kurniawati (2008) Peranan kepala sekolah dalam mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam di MTS Al-Maarif 01 Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
02140024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (704kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Lembaga pendidikan Islam merupakan lembaga yang bercirikan Islam dan mempunyai akar budaya yang kuat ditengah-tengah masyarakat. Keberadaan lembaga pendidikan Islam termasuk madrasah sangat diperlukan dalam pembentukan kepribadian anak, akan tetapi di sisi lain ada persoalan internal kelembagaan yang dialami diantaranya: kualitas guru, kurikulum, fasilitas yang kurang dan yang lainnya memerlukan solusi yang tepat. Mengatasi masalah tersebut, tidak terlepas dari peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga agar berkembang dengan pesat dan tidak ketinggalan dengan lembaga pendidikan yang lainnya. Berpijak dari hal inilah penulis tertarik mengambil judul Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam Di MTS Al-Maarif 01 Singosari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam di MTS Al-Maarif 01 Singosari, Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam di MTS Al-Maarif 01 Singosari dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pengembangan lembaga pendidikan Islam di MTS Al-Maarif 01 Singosari.

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam di MTS Al-Maarif 01 Singosari, untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam di MTS Al-Maarif 01 Singosari, dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di MTS Al-Maarif 01 Singosari. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam pengumpulan data, penulis mengunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi, dan informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kaur, dan guru. Penulis dalam penelitian ini menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan triagulasi, meningkatkan ketekunan, dan berdiskusi dengan teman sejawat.

Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat di sampaikan di sini bahwasanya peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam di MTS Al-Maarif 01 Singosari adalah sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator. Upaya kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam di MTS Al-Maarif 01 Singosari melalui pengembangan sumber daya manusia, kurikulum, sarana dan prasarana, dan peran serta masyarakat. Faktor-faktor pendukung dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di MTS Al-Maarif 01 Singosari adalah tujuan/visi misi madrasah, sumber daya manusia, lingkungan sekolah dan iklim kerja yang baik, serta peran serta masyarakat, sedangkan faktor-faktor penghambat dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di MTS Al-Maarif 01 Singosari adalah dana, sarana dan prasarana yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Padil, Moh
Keywords: Peranan; Kepemimpinan; Mengembangkan Lembaga
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 11 Aug 2016 14:31
Last Modified: 11 Aug 2016 14:31
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4344

Actions (login required)

View Item View Item