Pendidikan Agama Islam di Taman Kanak-Kanak Raudlatul Falah Talok-Turen Kab. Malang

Mundir, Ahmad (2008) Pendidikan Agama Islam di Taman Kanak-Kanak Raudlatul Falah Talok-Turen Kab. Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
04110039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (877kB)

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan merupakan usaha sadar dan teratur serta sistematis, yang dilakukan oleh orang-orang yang bertanggung jawab, untuk mempengaruhi anak agar mempunyai sifat dan tabiat sesuai dengan cita-cita pendidikan. Di tingkat prasekolah yakni di taman kanak-kanak, anak didik harus diberikan pembelajaran pendidikan agama Islam, agar mereka mengenal tentang ajaran agam sejak usia kanak-kanak. Pembelajaran pendidikan agama Islamyang dilaksanakan di taman kanak-kanak Islam menerapkan dengan memberikan cara belajar membaca AlQur’an, pembelajaran keimanan, akhlak, ibadah, bermain secara Islami, bernyanyi
secara Islami.

Fokus penelitian ini adalah mencari tahu tentang pembelajaran pendidikan agama Islam di taman kanak-kanak, dengan mengambil obyek penelitian di taman kanak-kanak Raudlatul Falah Talok Turen Malang. Penelitian ini mempunyai beberapa rumusan masalah yaitu: 1). Bagaimana upaya pembelajaran PAI di Taman Kanak-Kanak Raudlatul Falah Talok-Turen Kab. Malang, 2). Bagaimana strategi dan metode yang digunakan dalam pengembangn pembelajaran PAI di Taman Kanak-Kanak Raudlatul Falah Talok-Turen Kab. Malang, 3). Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran PAI di Taman Kanak-Kanak Raudlatul Falah Talok-Turen Kab. Malang.

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI di Taman Kanak-Kanak Raudlatul Falah Talok-Turen Kab. Malang. 2). Untuk Mengetahui Bagaimana strategi dan metode yang digunakan dalam pengembangan pembelajaran PAI di Taman Kanak-Kanak Raudlatul Falah Talok-Turen Kab. Malang. 3). Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran PAI di Taman Kanak-Kanak Raudlatul Falah Talok-Turen Kab. Malang.

Dalam rangka mengetahui permasalahan yang jelas penulis menggunakan metode observasi, interviw dan dokumentasi. Sedang dalam pengolahan data penulis menggunakan tehnik deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data dilapangan dapat diperoleh temuan bahwa: A. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di taman kanak-kanak Raudlatul Falah Talok Turen Malang cukup baik. Pada dasarnya pembelajaran pendidikan agama Islam sangat penting dilaksanakan. Dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di taman kanak-kanak Raudlatul Falah Talok Turen Malang terdiri dari: 1). Bagaimana respon guru dalam pelaksanaan pemberian materi pendidikan agama Islam di TK Raudlatul Falah.pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak didik di taman kanak-kanak sangatlah perlu dan penting dilaksanakan karena pembelajaran diusia kanak-kanak akan mempermudah pembelajaran pendidikan agama di tingkat selanjutnya. 2). metode atau cara pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilakukan di TK Raudlatul Falah adalah bermain dan bernyanyi secara Islami, bercerita. 3). kemampuan guru TK Raudlatul Falah dalam mempelajari pendidikan agama Islam di TK tersebut, dalam mempelajarinya para guru merasa sangat mudah karena materi yang diajarkan merupakan kegiatan yang setiap hari dilakukan seperti shalat, wudlu dan membaca Al-Fatikhah. 4) Kemampuan siswa dalam menanggapi pembelajaran pendidikan agama Islam di TK Raudlatul Falah, bahwa rata-rata anak didik di kelas A dan B dapat memahami materi-materi yang diajarkan. 5). guru memberi nilai pembelajaran pendidikan agama Islam di TK Raudlatul Falah setiap hari agar dapat mengevaluasi anak didik setiap hari. B. Untuk mengetahui bagaimana pentingnya upaya pembelajaran pendidikan agama Islam di TK Raudlatul Falah, di usia anak-anak sangat penting diberikan materi-materi pembelajaran pendidikan agama Islam agar mereka dapat dengan mudah mempelajari materi-materi pembelajaran pendidikan agama Islam di tingkat selanjutnya. C. Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran pendidikan agama Islam di TK Raudlatul Falah. Faktor pendukung antara lain:
1). Adanya alat-alat peraga, 2). Mempunyai tempat wudlu, 3). Guru merasa menambah wawasan tentang pembelajaran pendidikan agama Islam, 4). Sebagian besar anak didik banyak yang mengikuti pengajian di TPA. Faktor penghambat: 1). Kurangnya fasilitas seperti tidak adanya musolla kecil atau tidak adanya mukena dengan ukuran kecil, 2). Suasana kelas yang ramai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rasmiyanto, Rasmiyanto
Keywords: Pendidikan; Agama Islam; Taman Kanak-kanak
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 11 Aug 2016 20:09
Last Modified: 11 Aug 2016 20:09
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4339

Actions (login required)

View Item View Item