Sertifikasi guru dalam jabatan: Studi tentang peran sertifikasi dalam meningkatkan profesionalitas guru di SMA Negeri 3 Malang

Kholifah, Siti (2008) Sertifikasi guru dalam jabatan: Studi tentang peran sertifikasi dalam meningkatkan profesionalitas guru di SMA Negeri 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110155.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan yang berkualitas sangat bergantung pada keberadaan guru yang bermutu, yakni guru yang profesional, sejahtera dan bermartabat. Karena guru yang bermutu merupakan syarat mutlak hadirnya sistem pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu pemerintah berupaya meningkatkan mutu guru dengan mengembangkan kebijakan yang langsung mempengaruhi mutu dengan melaksanakan sertifikasi guru. Karena kualitas mutu guru di Indonesia pada kenyataanya masih tergolong relatif rendah. Hal ini antara lain disebabkan oleh tidak terpenuhinya kualifikasi pendidikan minimal. Data dari Dikdasmen Depdiknas pada tahun 2004 menunjukkan terdapat 991,243 (45,96%) guru SD, SMP, dan SMA yang tidak memenuhi kualifikasi pendidikan minimal. Hal tersebut akan semakin besar presentasenya bila dilihat dari persyaratan kualifikasi pendidikan minimal guru yang dituntut oleh PP No. 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Tujuan diadakannya sertifikasi guru adalah untuk meningkatkan kelayakan seorang guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran sekaligus memberikan sertifikat pendidik bagi guru yang telah memenuhi standar kualifikasi pendidikan S-I dan berkompetensi maksimum meliputi kompetensi padagogik, kepribadian, profesional dan sosial. Pemikiran itulah yang mendasari bahwa guru perlu untuk disertifikasi selain itu untuk memecahkan masalah pendidikan dari segi kualitas yang masih rendah terutama dalam segi kesejateraaan guru.

Guna menyajikan data secara ilmiah penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam perjalanan mengumpulkan data serta memperoleh data secara akurat, penulis menggunakan beberapa metode yakni, metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualiatatif.

Hasil penelitian yang dilakukan, Di SMA Negeri 3 Malang guru yang lulus sertifikasi dua puluh empat orang. Dilaksanakan mulai bulan juli sampai Sebtember 2007. Guru tersebut terdiri dari berbagai guru bidang studi termasuk juga guru pendidikan agama Islam. sebagai (SNBI) maka sekolah ini telah memenuhi standarisasi pendidik. Peran sertifikasi dalam meningkatkan profesionalitas guru segi psikisnya ada perasaan layak untuk melaksanakan proses pembelajaran, ada rasa dihargai, dalam kinerjanya lebih terarah,dan kreatif.

Berdasarkan hasil pemaparan di atas, maka dapat diambil kesimpulan sebagai pendidik dibutuhkan profesionalitas Dibuktikan dengan lulus sertifikasi. Sehingga dapat mewujudkan sistem dan praktik pendidikan yang berkualitas diikuti dengan peningkatan kesejateraan secara finansial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Padil, Moh
Keywords: Sertifikasi; Guru dalam Jabatan; Profesionalitas
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 11 Aug 2016 20:15
Last Modified: 11 Aug 2016 20:15
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4335

Actions (login required)

View Item View Item