Responsive Banner

Peranan komite sekolah dalam pembelajaran PAI di SMP Islam Ngebruk, Sumberpucung, Malang pada manajemen berbasis sekolah (MBS)

Zunaidi, Arif (2008) Peranan komite sekolah dalam pembelajaran PAI di SMP Islam Ngebruk, Sumberpucung, Malang pada manajemen berbasis sekolah (MBS). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
02140021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (663kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Secara umum pendidikan disekolah bertujuan untuk menumbuh dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman peserta didik, Harapan untuk meraih masa depan yang lebih baik mulai disadari oleh masyarakat dan ini mendorong berbagai perhatian terhadap layanan masyarakat, karena itu pendidikan menjadi prioritas yang utama dalam meningkatkan kualitas SDM guna pembangunan bangsa ini.Realisasi pendidikan berwujud dengan adanya desentralisasi pendidikan yang dinamakan dengan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) guna mengikut sertakan masyarakat dalam pengelolaan pendidikan dan diharapkan akan menumbuhkan rasa kepemilikan dalam diri setiap anggota masyarakat, sehingga mereka akan merasa mempunyai tanggung jawab.

Berpijak dari rumusan masalah diatas, maka terdapat rumusan masalah sebagai berikut : pertama, bagaimana peranan komite sekolah dalam MBS pada pembelajaran PAI di SMP Islam Ngebruk, Sumberpucung, Malang. Kedua, factor apasaja yang menjadi kendala dan penunjang komite sekolah dalam MBS pada pembelajaran PAI di SMP Islam Ngebruk, Sumberpucung, Malang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan komite sekolah dalam manajemen berbasis sekolah pada pembelajaran PAI di SMP Islam Ngebruk, Sumberpucung, Malang dan dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi kendala dan penunjang komite sekolah pada pembelajaran PAI di SMP Islam Ngebruk, Sumberpucung, Malang.

Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, metode yang penulis gunakan adalah metode observasi, interview atau wawancara, dan dokumentasi, dari data yang telah berhasil dikumpulkan tersebut, dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.

Dari hasil penelitian di SMP Islam Ngebruk dapat diambil kesimpulan: Pemberi pertimbangan, Komite sekolah dalam fungsi perencanaan kurikulum muatan lokal memiliki peran mengidentifikasi sumber daya pendidikan, pemberi masukan dan pertimbangan dalam menetapkan pelaksanan kurikulum muatan lokal.

Badan pendukung, Komite sekolah mendukung seluruh program sekolah terutama pada program sekolah yang atas dasar masukan dari komite sekolah yang semuanya harus selaras dengan visi, misi, tujuan dan motto sekolah.

Badan pengontrol, Komite sekolah dalam hal melakukan kontrol terhadap proses pengambilan keputusan dalam penentuan materi muatan lokal PAI dan perencanaan pendidikan di sekolah dalam hal ini pengawasan terhadap pelaksanaan kurikulum muatan lokal bidang agama Islam. Badan penghubung, Melalui peran ini, komite sekolah menampung pengaduan dan keluhan masyarakat mengenai pentingnya peningkatan pengetahuaan dan keluhan masyarakat bersama pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ghofir, Abdul
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDGhofir, AbdulUNSPECIFIED
Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah; Pembelajaran PAI
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 11 Aug 2016 21:31
Last Modified: 09 May 2023 13:57
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4332

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item