Penerapan metode contextual teaching and learning dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di MTs Surya Buana Malang

Abdi, Noor Imanuddin (2008) Penerapan metode contextual teaching and learning dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di MTs Surya Buana Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
02110307.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (28MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Dewasa ini dunia pendidikan dituntut agar mampu melahirkan keluaran pendidikan dengan bobot yang handal dan mampu melakukan perubahan-perubahan dalam masyarakat. Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan yang mampu melepaskan anak didik dari belenggu yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan dalam mengembangkan kecakapan sebagai peserta didik untuk mandiri dan kreatif. Dalam upaya untuk merelisiasikan pelaksanaan pendidikan agama Islam, guru dituntut untuk menguasai pengetahuan yang memadai dan teknik-teknik mengajar yang baik agar ia mampu menciptakan suasana pengajaran yang efektif dan efisienya yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) merupakan konsep metode belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa

Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana penerapan metode Contextual Teaching and Learning dalam mata pelajaran PAI (bidang studi Fiqh) di MTs Surya Buana Malang?, 2) Bagaimana urgensitas penerapan metode Contextual Teaching and Learning dalam mata pelajaran PAI (bidang studi Fiqh) di MTs Surya Buana Malang?, 3) Apa kendala-kendala penerapan metode Contextual Teaching and Learning dalam mata pelajaran PAI (bidang studi Fiqh) di MTs Surya Buana Malang?, 4) Bagaimana usaha-usaha untuk menanggulangi kendala penerapan metode Contextual Teaching and Learning dalam mata pelajaran PAI (bidang studi Fiqh) di MTs Surya Buana Malang?

Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh gambaran secara mendalam tentang: 1) Mendeskripsikan penerapan metode Contexstual Learning Teaching dalam mata pelajaran PAI (bidang studi Fiqh) di MTs Surya Buana Malang, 2) Mendeskripsikan urgensitas penerapan metode Contextual Teaching and Learnin dalam mata pelajaran PAI (bidang studi Fiqh) di MTs Surya Buana Malang, 3) Mendeskripsikan kendala-kendala penerapan metode Contextual Teaching and Learning dalam mata pelajaran PAI (bidang studi Fiqh) di MTs Surya Buana Malang, 4) Mendeskripsikan usaha-usaha penanggulangan kendala penerapan metode Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran PAI (bidang studi Fiqh) di MTs Surya Buana Malang.

Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara, observasi, studi dokumentasi. Tehnik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis deskriftif kualitatif. Sedangkan keabsahan datanya dicek menggunakan teknik triangulasi, menggunakan bahan referensi dan tehnik member chek.

Hasil penelitian ini adalah: pertama: Penerapan pembelajaran kontekstual dengan metode Contextua Teaching and Learning PAI (bidang studi Fiqh) di MTs Surya Buana Malang sudah berjalan sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran di atas tidak lepas dari peran serta segenap guru dan tenaga pendidikan yang selalu mendukung dan memperlancar aktivitas kegiatan belajar mengajar khususnya pengajaran mata pelajaran PAI (bidang studi Fiqh) di MTs Surya Buana Malang, Kedua. Urgensitas pembelajaran dengan menggunakan penerapan metode Contextual Teaching and Learning merupakan metode yang sangat penting, apalagi di MTs Surya Buana Malang sendiri merupakan sekolah alam yang mana metode ini sangat tepat dan efektif, ketiga, Kendala yang sampai saat ini dirasakan dalam rangka penerapan metode kontekstual adalah masih minimnya pemahaman guru terhadap teori-teori dari metode pembelajaran metode Contextual Teaching and Learning ini, dan keempat, Usaha untuk menanggulangi kendala penerapan metode Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Surya Buana Malang di MTs Surya Buana dapat diwujudkan dengan adanya kegiatan ekstra kurikuler, pengembangan dan peningkatan SDM Guru, serta manajemen waktu, mengingat untuk menerapkan metode CTL ini membutuhkan waktu yang cukup banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Baharuddin, Baharuddin
Keywords: Metode Contextual Teaching and Learning; Pendidikan Agama Islam
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 10 Aug 2016 11:52
Last Modified: 10 Aug 2016 11:52
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4329

Actions (login required)

View Item View Item