Penerapan strategi pembelajaran kontekstual teaching and lerning (CTL) dalam pendidikan agama Islam di SLTP Negeri 2 Pujon

Mashudy, Mashudy (2008) Penerapan strategi pembelajaran kontekstual teaching and lerning (CTL) dalam pendidikan agama Islam di SLTP Negeri 2 Pujon. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
02110282.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (620kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan proses pembelajaran, hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran mempunyai tujuan salah satunya meningkatkan mutu pendidikan. Sehingga guru harus dapat dengan tepat memilih serta menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa. Strategi pembelajaran ini sering kali diwujudkan dalam bentuk penyampaian suatu materi pelajaran yang lebih mudah diterima oleh siswa. Penyampaian materi pelajaran merupakan salah satu unsur yang menentukan keberhasilan belajar siswa. Oleh karena itu, guru dituntut mempunyai kemampuan menerapkan berbagai strategi pembelajaran.

Salah satu strategi pembelajaran yang banyak digunakan guru pada saat ini adalah Kontekstual Teaching and Learning (CTL). Dengan pendekatan Kontektual Teaching and Learning (CTL), proses belajar mengajar akan lebih konkret, lebih realistis, lebih aktual, lebih nyata, lebih menyenangkan, dan lebih bermakna. Berdasarkan penjelasan tersebut di atas, maka penulis untuk meneliti bagaimana “Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Teaching And Lerning (CTL) Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SLTP Negeri 2
Pujon.”

Untuk lebih mempermudah proses penelitian ini, maka penulis membuat rumusan masalah yaitu: 1. Bagaimanakah Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Teaching And Lerning (CTL) Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SLTP Negeri 2 Pujon? 2. Bagaimanakah pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Teaching And Learning (CTL) Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SLTP Negeri 2 Pujon? 3. Apakah factor pendorong dan penghambat Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Teaching And Lerning (CTL) Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SLTP Negeri 2 Pujon?

Pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian ini yang menggunakan metode interview, observasi, dan dokumentasi, bahwasannya pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam di SLTP Negeri 2 Pujon telah mengacu pada penerapan Kontekstual Teaching and Lerning (CTL), hal ini ditunjukkan dengan adanya salah satu ciri adanya kerjasama dilingkungan kelas, baik antara guru dengan siswa, guru dengan guru, maupun siswa dengan siswa. Hal ini ternyata memberikan perubahan pada mutu pendidikan agama islam.

Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwasannya penerapan strategi pembelajaran kontekstual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan mutu pendidikan agama islam di SLTP Negeri 2 Pujon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Baharuddin, Rahmawati
Keywords: Kontekstual Teaching and Learning; Guru; Mutu Pendidikan
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 10 Aug 2016 11:52
Last Modified: 10 Aug 2016 11:52
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4323

Actions (login required)

View Item View Item