Aslam, Muh Nur (2022) Rancang bangun aplikasi pembelajaran huruf Hijaiyah berbasis android dengan metode Design Thinking : Studi kasus TPQ Baiturrahman Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
18650042.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA :
Al-Qur’an merupakan kalamullah sebagai sumber ajaran islam. Kata Al-Qur’an berasal dari kata Bahasa Arab Qara’a (membaca). Dasar untuk mempelajari Al-Qur’an adalah dengan mempelajari huruf Hijaiyah . Studi kasus di anak usia dini menunjukkan bahwa guru lebih sering menggunakan metode pembelajaran dengan menjelaskan materi dan memberikan catatan kepada siswa. Cara ini sering dilakukan oleh guru kepada siswa, namun permasalahannya setiap siswa menyerap pembelajaran dengan cara yang berbeda-beda, sehingga banyak yang kesulitan dalam menghafal dan mempelajari huruf Hijayyah dan kemampuan mengenal huruf Hijayyahnya lemah. Dengan memanfaatkan teknologi dalam mengenalkan huruf Hijaiyah akan lebih mudah untuk digunakan kalangan anak anak dan pengajar serta berdaya guna untuk membantu pengajar mengajarkan pembelajaran kepada anak-anak. untuk itu peneliti ingin membangun dan merancang aplikasi pembelajaran huruf Hijaiyah. Metode yang digunakan dalam proses pembuatan pembelajaran huruf Hijaiyah ini menggunakan proses design thinking. Design thinking terbagi menjadi 5 tahap yaitu emphatize, define, ideate, prototype dan testing. setelah melakukan kelima proses tersebut selanjutnya membangun implementasi sistem dengan menggunakan android sebagai platformnya. dalam pengujian kepada pengguna menggunakan system usability scale untuk mengetahui manfaat dari aplikasi dan blackbox testing untuk mengetahui fungsi setiap fitur. Nilai akhir SUS dari 34 tanggapan responden adalah 79, diperoleh hasil analisis data usability testing dapat diklarifikasikan sebagai sangat baik (excellent) dan berhasil. Hal tersebut ditunjukkan sesuai pedoman interpretasi SUS dan menunjukkan bahwa skor 79 untuk versi Acceptability Ranges didapatkan hasil Acceptable, Grade Scale dari sisi tingkat penerimaan pengguna termasuk kedalam kelas C, dan Adjective Rating termasuk dalam kategori Good, nilai akhir System Usability Scale dari 34 responden didapatkan skor sebanyak 79. Kesimpulan dari angka 79 dinilai sebagai aplikasinya masuk kategori sangat baik (good) dan berhasil. dan nilai dari fungsi setiap aplikasi semuanya berjalan sesuai dengan harapan.
ENGLISH :
The Qur'an is the word of Allah as a source of Islamic teachings. The word Qur'an comes from the Arabic word qara'a (reading). The basis for learning the Koran is to learn Hijaiyah letters. Case studies in early childhood show that teachers more often use learning methods by explaining material and giving notes to students. This method is often used by teachers to students, but the problem is that each student absorbs learning in a different way, so that many have difficulty memorizing and learning Hijayyah letters and their ability to recognize Hijayyah letters is weak. By utilizing technology in introducing Hijaiyah letters, it will be easier for children and teachers to use and efficient to help teachers teach learning to children. For this reason, researchers want to build and design applications for learning Hijaiyah letters. The method used in the process making of learning Hijaiyah letters is design thinking. Design thinking is divided into 5 stages, namely empathize, define, ideate, prototype and testing. after carrying out these five processes, then build a system implementation using Android as the platform. in testing the user using the system usability scale to find out the benefits of the application and blackbox testing to find out the function of each feature. The final value of SUS from 34 respondents' responses was 79, the results obtained from the usability testing data analysis can be classified as very
good (excellent) and successful. This was shown according to the SUS interpretation guidelines and showed that a score of 79 for the Acceptable Ranges version obtained Acceptable results, the Grade Scale in terms of the level of user acceptance was included in class C, and the Adjective Rating was included in the Good category. The final value of the System Usability Scale from 34 respondents obtained a score as many as 79. The conclusion from number 79 is that the application is in the very good and successful category. and the value of the function of each application all goes according to expectations
مستخلص البحث:
أساستعلم القرآنهوتعلمالحروفالهجائية.دراساتحالةفيالأطفالسنمبكرتبينهذاالمعلمأكثرغالبااستعمال طريقةالتعلممعيشرحنظريةويعطىملحوظاتإلىطالب.بهذهالطريقةغالباأُجرِ يمنقبلالمعلمللطلاب ،ومعذلكالمشكلةكلطالبعلمتمتصالتعلممعبطرقمختلفة،لذلك_كثيرمنالمتاعبفيحفظويتعلم رسالةالحجيةوقدرةأعرفرسالةحجايةضعيف.منخلالاستخدامالتكنولوجيافيتقديمالحروفالهجائية ،سيكونمنالأسهلعلىالأطفالوالمعلميناستخدامهاوفعاللمساعدةالمعلمينعلىتعليمالتعلمللأطفال. لهذاالسبب،يرغبالباحثونفيبناءوتصميمتطبيقاتلتعلمالحروفالهجائية،والطريقةالمستخدمةفي عمليةتكوينالحروفالهجائيةهي التفكير التصميمي.ينقسم التفكير التصميميإلى5مراحل،وهيالتعاطف والتعريفوالتفكيروالنموذجالأوليوالاختبار.بعدتنفيذهذهالعملياتالخمس،قمبإنشاءتطبيقللنظام باستخدام Androidكنظامأساسي.فياختبارالمستخدمباستخدام مقياس قابلية استخدام النظاملمعرفةفوائد التطبيق واختبار الصندوق الأسودلمعرفةوظيفةكلميزة.كانتالقيمةالنهائيةلـSUSمنردود34مستجيبا 79،ويمكنتصنيفالنتائجالتيتمالحصولعليهامنتحليلبياناتاختبارقابليةالاستخدامعلىأنهاجيدة جدا(ممتازة)وناجحة.تمعرضذلكوفقالإرشاداتتفسيرSUSوأظهرأنالنتيجة79لإصدارالنطاقات المقبولةحصلتعلىنتائجمقبولة،وتمتضمينمقياسالدرجةمنحيثمستوىقبولالمستخدمفيالفئةC ،وتمتضمينتصنيفالصفةفيفئةجيدة:حصلتالقيمةالنهائيةلمقياسقابليةاستخدامالنظاممن34مشاركا علىدرجةتصلإلى79.الاستنتاجمنالرقم79هوأنالتطبيقفيفئةجيدةجداوناجحة.وقيمةوظيفةكل تطبيقتسيروفقاللتوقعات
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Syauqi, A’la and Abidin, Zainal | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah; design thinking; system usability testing; Hijaiyah Letter Learning Application; design thinking; system usability testing التطبيق _ التعلم رسالة الجمعية ; التفكير التصميمي ; اختبار قابلية استخدام النظام | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Magister Tehnik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Muh Nur Aslam | |||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2023 10:05 | |||||||||
Last Modified: | 18 Apr 2023 09:07 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43206 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |