Jehsani, Ropeeah (2008) Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi kasus di Sekolah Menengah Lamyang Whitthaya Munalithi Propinsi Pattani Thailand Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04110036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (838kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Sekolah Menengah Lamyang Whtitthaya Munalithi merupakan lembaga pendidikan dan menjadi pusat penyebaran agama, besar sekali peran yang dimainkan dalam rangka membangun manusia seutuhnya. Adapun dalam rangka berpartisispasis untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran yang diselenggarakan tentunya perlu ditanamkan nilai-nilai keislaman.Suatu bangsa dapat terukur kualitasnya melalui pendidikan, maka oleh karena itu pendidikan adalah faktor yang sangat urgen. Akan tetapai kenyataan yang ada dilapangan, pendidikan dengan kurikulum yang diberlakukan, belum mampu melahirkan suatu generasi yang memiliki kemampuan yang diharapkan dan dibutuhkan oleh masyarakat dan mampu menjawab tantangan yang ada. Suatu sekolah/madrasah diharapkan mampu memilah dalam memilih cara pengembangan yang dapat diterapkan disesuaikan dengan segala sumber daya dan sumber dana yang dimiliki.Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran secara jelas dan luas tentang pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam yang terangkum dalam fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Lamyang Whitthaya Munalithi, 2) Bagaimana pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Lamyang Whitthaya Munalithi 3) Upaya-upaya yang di lakukan oleh sekolah dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Lamyang Whitthaya Munalithi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrifsikan tentang: 1) Bagaimana pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Lamyang Whitthaya Munalithi, 2) Bagaimana pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Lamyang Whitthaya Munalithi 3) Upaya-upaya yang di lakukan oleh sekolah dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Lamyang Whitthaya Munalithi. Pada penelitian ini penulis mengunakan pendekatan kualitatif. Data primer penulit dapatkan langsung dari obyek penelititan, sedangkan data skunder penulis dapatkan dari dokumen Sekolah Menengah Lamyang Whitthaya Munalithi, buku penunjang yang dibutuhkan penulis berdasarkan penelitian.Hasil penelititan menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Lamyang Whitthaya Munalithi, mempunyai tips tersendiri dalam menerapkan kurikulumnya. Adapun tips tersebut antara lain: menggunakan sistem terpadu dalam penerapan kurikulumnya sehingga terdapat korelasi antara mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Kurikulum PAI; Pembelajaran | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2016 18:54 | ||||||
Last Modified: | 10 Aug 2016 18:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4303 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |