Responsive Banner

Implementasi supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru: Studi kasus di Sekolah Menengah Sasnupatam Propinsi Pattani Thailand Selatan

Hayeetahe, Natla (2008) Implementasi supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru: Studi kasus di Sekolah Menengah Sasnupatam Propinsi Pattani Thailand Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Supervisi merupakan bantuan, arahan dan bimbingan dari pihak atasan pada bawahannya. Kepala sekolah sebagai supervisor secara kontinu memberikan arahan, bimbingan, pengawasan serta penilaian terhadap berbagai masalah yang berhubungan dengan pengembangan dan perbaikan mengajar guru serta yang berkaitan dalam bidang profesinya. Supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalitas guru dan meningkatkan mutu pendidikan.

Berdasar pada latar belakang masalah di atas, maka penelitian akan mengetahui; bagaimana performan profesionalitas guru di Sekolah Menengah Sasnupatam Di Propinsi Pattani Thailand Selatan; Bagaimanakah upaya-upaya kepala sekolah untuk mengatasi hambatan implementasi supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru di Sekolah Menengah Sasnupatam Propinsi Pattani Thailand Selatan dan; faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru di Sekolah Menengah Sasnupatam Di Propinsi Pattani Thailand Selatan.oleh karena itu, tujuan peneliti ini adalah untuk Mendeskripsikan tentang performan profesionalitas guru di Sekolah Menengah Sasnupatam Propinsi Pattani Thailand Selatan; tentang upaya-upaya kepala sekolah untuk mengatasi hambatan implementasi supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru di Sekolah Menengah Sasnupatam Propinsi Pattani Thailand Selatan dan; tentang faktor-faktor Pendorong dan penghambat Implementasi supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru di Sekolah Menengah Sasnupatam Propinsi Pattani Thailand Selatan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif adapun tehnik pengumpulan data peneliti menggunakan tehnik observasi, interview, dan dokumen.tehnik interview digunakan untuk mengambil data dari kepala sekolah dan para guru dengan cara wawancara ,tehnik observasi digunakan untuk mengamati kegiatan-kegiatan supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru ,tehnik dokumentasi digunakan untuk mengambil data tentang dokumen-dokumen supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru.temuan hasil peneliti dan menganalisis data yang diperoleh peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif.

Penelitian ini menghasilkan tiga hal yaitu; 1) performan profesionalitas guru setelah ada supervisi adalah (a) Guru selalu membuat persiapan pembelajaran sebelum mengajar, (b) Guru selalu menggunakan media dalam mengajar (c) Skill guru meningkat sesuai dengan profesinya dan (d) Guru bisa menguasai kelas dan mengetahui kekurangan dalam proses belajar mengajar. 2) upaya-upaya kepala sekolah untuk mengatasi hambatan implementasi supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru di Sekolah Menengah Sasnupatam Propinsi Pattani Thailand Selatan adalah (a) Mengikutsertakan guru mengikuti pelatihan, (b) Mengirimkan ketua masing –masing bidang pelajaran untuk observasi di tempat lain, (c) Dapat dana operasional dari pemerintah, (d) Memberi uang kesejahteraan kepada guru, (e) Mengadakan bank sekolah. 3)yang mempengaruhi implementasi supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru yaitu faktor pendorong adalah; guru, dan koordinasi antara kepala sekolah sama guru jalin baik, sedangkan faktor penghambat adalah ; dana, dan guru yang dihadapi oleh kepala sekolah. Adapun saran penelitian ini adalah 1)Implementasi supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru di Sekolah Menengah Sasnupatam Propinsi Pattani Thailand Selatan perlu ditingkatkan dalam menyiapkan generasi muslim yang berkualitas khususnya di negara Thailand maupun di negara manapun, 2) Guru sebagai seorang pendidik yang berperan penting dalam mengembangkan kecerdasan siswa harus selalu meningkatkan profesionalitas diri, 3)Bagi Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, semoga menjadi literatur yang bermanfaat untuk bahan perbandingan penelitian pendidikan baik untuk Indonesia, khususnya Negara Thailand tempat peneliti berasal, 4) Semoga menjadi wacana pengetahuan dalam mengevaluasi dan meningkatkan mutu pendidikan generasi mendatang yang lebih berkualitas dan memegang teguh nilai-nilai ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Supriyatno, Triyo
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSupriyatno, TriyoUNSPECIFIED
Keywords: Supervisi; Profesionalitas Guru
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 10 Aug 2016 18:54
Last Modified: 10 Aug 2016 18:54
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4299

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item