Pembelajaran aqidah dalam perspektif paham As-Sunnah Wal Jama'ah: Studi kasus di Pondok Pesantren Salafiyyah Syafi'iyyah Nurul Huda Mergosono Malang

Khoeron, Khoeron (2008) Pembelajaran aqidah dalam perspektif paham As-Sunnah Wal Jama'ah: Studi kasus di Pondok Pesantren Salafiyyah Syafi'iyyah Nurul Huda Mergosono Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
02110158.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (634kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran adalah Proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar dimana seseorang bereaksi terhadap kondisi tertentu. Proses belajar mengajar yang dilaksanakan dalam sebuah lembaga pendidikan diharapkan terciptanya sebuah suasana yang dapat menumbuhkan gairah belajar, meningkatkan motivasi baik guru maupun peserta didik. Hal ini menjadi menarik dan merupakan tantangan bagi sebuah lembaga pendidikan dalam merealisasikannya untuk menciptakan pembelajaran yang menggairahkan, menantang, dan menyenangkan. Lembaga pendidikan apapun bentuknya yang selalu inovatif dan profesional dalam mengembangkan unsur-unsur yang ada dalam pendidikan, maka terciptalah iklim belajar yang kodusif untuk mencetak anak didik yang berkualitas intelektualnya dan nilai ketakwaannya kepada Allah SWT.

Pembelajaran aqidah dalam perspektif paham as-sunnah wal jama'ah merupakan hal penting untuk dikembangkan dan diamati penulis sebagai usaha untuk melihat lebih jauh bagaimana realisasi dan faktor-faktor yang menjadi pendorong dan penghambat pembelajaran aqidah dalam perspektif paham as-sunnah wal jama'ah khususnya pembelajaran di Pondok Pesantren Salafiyyah Syafi'iyyah Nurul Huda Mergosono Malang dan hal ini juga sebagai tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti.

Untuk mencapai tujuan diatas penulis menggunakan pendekatan dekriptif kualitatif yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Beberapa deskripsi digunakan untuk menemukan prinsip-prinsip dan kejelasan yang menuju pada kesimpulan. Kehadiran peneliti adalah sebagai pengamat secara penuh. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan tiga metode yaitu observasi, interview, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik analisa data dengan tiga cara yaitu mereduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan. Kemudian penecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan, dan tianggulasi. Adapun tahap-tahap penelitian yang peneliti lakuakan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Penelitian dilaksanakan secara cermat dengan persiapan matang yang diperlukan dalam lapangan. Penulis menyajikan hasil pembahasan dan analisis penelitian berdasarkan pengamatan dan pengecekan data-data secara sistematis.

Dari hasil penelitian penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Pembelajaran aqidah dalam perspektif paham as sunnah wal jama'ah yang terlaksana di Pondok Pesantren Salafiyyah Syafi’iyyah Nurul Huda Mergosono Malang. 2. Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran aqidah di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Nurul Huda Mergosono Malang antara lain: a. Faktor-faktor pendukung dan

penghambat kegiatan belajar mengajar secara umum b. Faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran materi aqidah As-sunna wal jama’ah. Penelitian skripsi dilakukan dengan harapan semoga menjadi tambahan referensi yang bermanfaat untuk mengaplikasikan dan mengembangkan pembelajaran aqidah dalam perspektif paham as-sunnah wal jama’ah baik di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Nurul Huda Malang atau di lembaga pendidikan maupun pondok pesantren lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Supriyatno, Triyo
Keywords: Pembelajaran; Aqidah; Paham As-Sunnah Wal Jama'ah
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 10 Aug 2016 11:52
Last Modified: 10 Aug 2016 11:52
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4297

Actions (login required)

View Item View Item