Peran manajemen pengelolaan madrasah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Sukosari Gondanglegi Malang

Isnaini, Ni’matul (2008) Peran manajemen pengelolaan madrasah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Sukosari Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (729kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Mutu pendidikan merupakan salah satu masalah pendidikan yang komplek. Kompleksitas permasalahan ini disebabkan oleh banyaknya variabel yang saling mempengaruhi, salah satunya adalah manajemen atau pengelolaan yang ada pada lembaga tersebut. Dalam rangka meningkatkan kualitas lembaga pendidikan Islam agar dapat menarik minat masyarakat untuk memasukkan putraputri mereka kelembaga pendidikan Islam maka sistem lama harus secepatnya diubah dan melakukan inovasi-inovasi baru kearah itu.Untuk keberlangsungan
kegiatan madrasah.

MTs. Darul Ulum merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta yang berada dalam naungan Departemen Agama RI. Lembaga pendidikan swasta, pada, umumnya dikelola dengan manajemen ala kadarnya sehingga tidak sedikit stagnisasi perkembangan lembaga tersebut sering berjalan lambat. Dengan itu, guna untuk mengetahui asumsi miring tentang lembaga swasta tersebut, MTs. Darul Ulum hanya untuk dijadikan smple sehingga generalisasi asumsi dapat di pertanggungjawabkan secara ilmiah.

Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui tentang bagaimana Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum dan Peran Manajemen Madrasah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah TsanawiyahDarul ulum Sukosari Gondanglegi Malang.

Sedangkan untuk mengumpulkan data penulis menggunakan beberapa metode yaitu: Wawancara Mendalam (Depth Interview), Metode Dokomentasi, Metode Observasi, Analisis Data, Pengecekan Keabsahan Data.

Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini bahwasanya Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum baik ini ditandai dengan tercapainya program-program peningkatan Mutu dan Manajemen
Madrasah sangat berperan dalam peningkatan mutu di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ghofir, Abdul
Keywords: Manajemen Pendidikan; Mutu Pendidikan
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 10 Aug 2016 11:54
Last Modified: 10 Aug 2016 11:54
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4288

Actions (login required)

View Item View Item