Penerapan kurikulum muatan lokal dalam pembentukan kepribadian Islam siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tambakberas Jombang

Mariyam, Siti (2008) Penerapan kurikulum muatan lokal dalam pembentukan kepribadian Islam siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03110238.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan dapat berhasil apabila kurikulumnya disusun dengan baik yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Selanjutnya untuk pembentukan kepribadian islam peserta didik tidak hanya sebatas kurikulum inti saja, tetapi dibutuhkan juga kurikulum muatan lokal. Hal ini diperlukan untuk pengembangan program pendidikan yang sesuai dengan potensi daerah, minat dan kebutuhan peserta didik dan kebutuhan daerah. Berdasarkan latar belakang di atas MTsN Tambakberas sebagai lembaga pendidikan islam yang berada ditengah-tengah masyarakat yang masih kental keberagamaanya merasa perlu melaksanakan kurikulum muatan lokal yang berupa kajian kitab kuning dalam pembentukan kepribadian islam.

Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaiamana penerapan kurikulum muatan lokal di MTsN Tambakberas yang mencakup. Landasan, Tujuan, Isi kurikulum, Proses pembelajaran, pengaruh penerapan kurikulum muatan lokal dalam pembentukan kepribadian islam.

Berdasarkan hal di atas maka peneliti memilih MTsN tambakberas Jombang sebagai tempat penelitian. Dalam pelaksanaannya peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisa datanya menggunakan metode deskriptif kualitatif , yakni uraian data-datanya berdasarkan gejala-gejala yang tampak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum muatan lokal yang meliputi tujuan, penentuan isi kurikulum muatan lokal, yang berupa Fiqih kitab, akhlak kitab, tauhid kitab, nahwu shorof, dll dalam proses pembelajaran telah sesuai dengan apa yang diharapkan. Namun pengaruh penerapan kurikulum muatan lokal dalam pembentukan kepribadian islam kuarang terlaksana dengan baik. Melihat pengaruh dari penerapan kurikulum muatan lokal dalam pembentukan kepribadian siswa kurang, maka hendaknya sekolah menggunakan metode pembelajaran yang bisa memadukan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dan prakteknya. Dalam pembentukan kepribadian islam digunakan dua pola yaitu pola piker dan pola jiwa (prilaku).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zainuddin, M
Keywords: Kurikulum Muatan Lokal; Kepribadian Islam
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 10 Aug 2016 11:53
Last Modified: 10 Aug 2016 11:53
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4283

Actions (login required)

View Item View Item