Rizkiawan, Rifki (2008) Pengaruh latar belakang keluarga terhadap prestasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03110236.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (946kB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan keluarga adalah merupakan pengalaman pendidikan pertama bagi anak. Pendidikan keluarga juga merupakan dasar dari pendidikan anak sehingga untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang lain maka keluarga dengan kesadaran memberikan pendidikan yang lain pula yaitu dengan menyekolahkan anaknya, pendidikan disekolah memberikan motivasi dalam mengaktifkan anak didiknya sehingga tidak menutup kemungkinan banyak keanekaragaman problem yang dihadapi anak didiknya dengan latar belakang yang berbeda. Berangkat dari latar belakang itulah penulis ingin membahasnya dalam skripsi dan memngambil judul Pengaruh Latar belakang Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 3 Nganjuk.
Jenis dalam penelitian ini ditinjau dari pengukuran dan analisa data penelitian adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan berdasarkan tujuan penelitian ini dinamakan penelitian korelasi. Sehingga pada akhir analisa pengukurannya menggunakan pada standart pengaruh yang dijadikan tolak ukurnya. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket, interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan rumus product moment dengan tujuan untuk mengidentifikasi ada tidaknya pengaruh latar belakang keluarga terhadap prestasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa latar belakang keluarga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Ajaran 2007/2008. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan korelasi tehnik analisa product moment dengan nilai rxy = 0,437 dalam arti korelasi yag sedang atau cukup, maka dari itu hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis kerja di terima, sehingga dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara latar belakang keluarga terhadap prestasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Ajaran 2007/2008.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengaruh; Latar Belakang Keluarga; Prestasi Belajar Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2016 14:41 | ||||||
Last Modified: | 19 May 2023 08:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4279 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |