Penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam meningkatkan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) di SMP Islam Ngoro Jombang

Ilmiati, Endah (2008) Penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam meningkatkan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) di SMP Islam Ngoro Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110146.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan Agama Isalam yang berjalan di sekolah selama ini masih dianggap kurang berhasil. Pendidikan Agama yang diberikan lebih banyak menyentuh pada aspek kognitif, belum sampai pada aspek afektif dan psikomotorik, akibatnya peserta didik hanya dapat mengerti agama, tetapi belum sampai pada tingkat aksi. Pendekatan yang digunakan masih bersifat tradisional yang lebih sering berpusat pada guru (Teacher center) bukan berpusat pada siswa sehingga pembelajaran terasa membosankan kurang menarik bagi siswa.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan merubah pendekatan dan metode dalam proses pembelajaran selama ini yaitu berpusat pada siswa dan peran guru sebagai fasilitator, dan pendekatan Contextual Teaching and Learning merupakan salah satu alternative untuk melakukan perubahan tersebut. Dengan penggunaan metode ini diharapkan pembelajaran PAI lebih mudah diimplementasikan

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and learning(CTL) dalam Pembelajaran PAI di SMP Islam Ngoro Jombang, (2) Usaha apa saja yang dilakukan Guru PAI dalam meningkatkan kwalitas proses pembelajaran PAI di SMP Islam Ngoro Jombang, (3) Apa saja kendala yang dihadapi dan bagaimana upaya-upaya mengatasi kendala penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning di SMP Islam Ngoro Jombang. Adapun tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and learning(CTL) dalam Pembelajaran PAI di SMP Islam Ngoro Jombang, (2) Untuk mengetahui Usaha- usaha yang dilakukan Guru PAI dalam neningkatkan kwalitas Proses pembelajaran PAI di SMP Islam Ngoro Jombang, (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dan upaya-upaya mengatasi kendala-kendala penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning di SMP Islam Ngoro Jombang.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskiptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi. Untuk menganalisis dilakukan dengan analisis selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan menggunakan data deskriptif melalui penalaran logika sistematis terhadap data (keabsahan data) dan analisis data setelah data terkumpul dengan menggunakan tehnik triangulasi (membandingkan/memeriksa, mengecek keabsahan data) dengan hasil wawancara dan hasil isi dokumen.

Berdasarkan hasil penelitian dilapangan (1) Penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran PAI di SMP Islam sudah berjalan baik, hal tersebut dapat dilihat dari penerapan masing-masing komponen atau aspek pembelajaran kontekstual yang ada, yaitu; konstruktifisme, inquiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik. (2) Usaha-usaha Guru PAI dalam meningkatkan kwalitas Proses pembelajaran PAI yaitu; Penerapan variasi metode,memperhatikan tingkat kemampuan siswa dan memanfaatkan sumber

belajar. Disisi lain secara umum dalam meningkatkan kwalitas pendidikan tidak terlepas dari input, proses dan output yang ada. (3) Kendala-kendala yang ada dalam penerapan CTL dalam meningkatkan pembelajaran PAI di SMP Islam Ngoro Jombang adalah pertama, dari segi sarana prasarana kurang memadai, kedua, dari segi siswa, kemamapuan siswa yang beragam ketiga, kurangnya jam pelajaran dan keempat, ada sebagian guru yang belum mengetahui penerapan pendekatan CTL dengan baik adapun upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi kendala dalam penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran PAI adalah pertama melengkapi sarana dan prasarana seperti perpustakaan yang memadai, adanya TV, VCD sebagai penunjang pembelajaran, kedua, mengelompokkan siswa yaitu siswa yang berasal dari SD di pisah dengan siswa yang berasal dari MI guna memudahkan dalam proses pembelajaran dan ketiga, menambah jam pelajaran khususnya dalam pembelajaran Al Qur’an yang termasuk dalam PAI, keempat yaitu mengikut sertakan guru-guru dalam MGMP,work shop (pelatihan-pelatihan) khususnya tentang CTL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Baharuddin, Baharuddin
Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning; Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam)
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 10 Aug 2016 11:48
Last Modified: 10 Aug 2016 11:48
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4269

Actions (login required)

View Item View Item