Responsive Banner

Strategi peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Sooko Mojokerto

Sugiarto, Bambang (2008) Strategi peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Sooko Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
03110213.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (737kB)

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan merupakan kunci kemajuan, semakin baik kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh suatu masyarakat/bangsa, maka akan diikuti dengan semakin baiknya kualitas masyarakat/bangsa tersebut. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Pelaksanaan pendidikan pada lembaga-lembaga pendidikan setidaknya mampu mencapai makna dari pendidikan diatas walaupun memang sulit untuk mencapai semua komponen yang tercantum dalam UU Sisdiknas diatas, akan tetapi baik lembaga formal maupun nonformal setidaknya bisa membantu memberikan kontribusi untuk mewujudkan peserta didik yang mempunyai kualitas baik.

Keberadaan suatu lembaga pendidikan selalu ingin menghasilkan out put yang baik, berkualitas, dan bisa diandalkan. Hal ini terlihat salah satunya dengan tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Dari sini banyak cara yang diupayakan pihak sekolah agar bisa maju dan memiliki kualitas pendidikan yang bagus, atau minimal sekolah yang memiliki nilai atau ciri tersendiri dibandingkan sekolah-sekolah lain. Diantaranya telah mengupayakan berbagai program untuk mengembangkan Pendidikan Agama Islam.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Sooko Mojokerto?. 2) Bagaimana strategi peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Sooko Mojokerto?

Adapun tujuannya adalah 1). Untuk mengetahui Pelaksanaan peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Sooko Mojokerto. 2). Untuk mengetahui strategi peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Sooko Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif pula, yaitu berupa pemaparan dan penggambaran secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi.

Adapun hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Sooko Mojokerto ini sudah bagus, terbukti dengan adanya program yang direncanakan dan dilaksanakan sekolah dalam rangka menciptakan suasana lingkungan sekolah yang Islami, seperti: perilaku masyarakat sekolah yang baik, berbudi pekerti yang luhur, lingkungan sekolah yang bersih, sikap toleran antar sesama, dan lain sebagainya. Dalam mewujudkan program tersebut, banyak strategi yang ditempuh, salah satunya adalah penyusunan program pengembangan PAI, baik di dalam kegiatan belajar mengajar (di Kelas) maupun diluar kegiatan pembelajaran yang terus diupayakan. Untuk kegiatan di dalam kelas, ini diupayakan sepenuhnya oleh masing-masing guru kelas atau guru agama Islam, dalam hal ini guru agama berusaha menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang bervariatif serta mengupayakan bagaimana materi bisa diterima oleh siswa. Untuk kegitan di luar kelas banyak pihak yang terlibat, terutama semua guru dalam mendidik serta memberi contoh yang baik kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Djumransjah, M.
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDDjumransjah, M.UNSPECIFIED
Keywords: Strategi; Mutu; Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 10 Aug 2016 18:53
Last Modified: 10 Aug 2016 18:53
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4262

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item