Metodologi pembelajaran al-Qur’an Hadits di SMP Islam Jabung Malang

Muda, Syaiful Anwar Dharta (2008) Metodologi pembelajaran al-Qur’an Hadits di SMP Islam Jabung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
02110010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pengajaran al Qur’an Hadits di MTs bertujuan untuk memberikan kemampuan–kemampuan dasar kepada siswa dalam membaca, menulis, membiasakan, serta mendorong, membina dan membimbing akhlaq dan perilaku siswa dengan berpedoman pada al Qur’an Hadits. Dalam proses belajar mengajar al-Qur’an Hadits ini diharapkan terjadinya perubahan dalam diri anak, baik aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Permasalahan yang seringkali dijumpai dalam proses pembelajarannya adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien. Di samping masalah lainnya yang sering didapati adalah kurangnya perhatian guru agama terhadap variasi penggunaan metode mengajar dalam upaya peningkatan mutu pengajaran yang baik. Mengajar secara efektif sangat bergantung pada pemilihan metode dan penggunaan metode mengajar yang serasi dengan tujuan mengajar.

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui metodologi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh para guru al Qur'an Hadits dalam mengajar bidang studi alQur’an Hadits di SMP Islam Jabung Malang dan Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat yang dihadapi oleh guru al Qur’an Hadits terhadap metode pembelajaran yang digunakannya tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode yang sering digunakan/ditetapkan dalam kegiatan proses belajar mengajar Al-Qur’an Hadits antara lain metode ceramah, drill, tanya jawab, dan diskusi. Bagi guru Qur’an Hadits di SMP Islam Jabung, di dalam proses pembelajarannya mereka melakukan penggabungan/memvariasikan metode pengajaran tersebut di atas. Adapun faktor pendukung dan penghambat metode variatif pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits adalah: faktor pendukung yaitu : (a) skill dan pengetahuan yang dimiki oleh guru yang bersangkutan akan pengetahuan dan penguasaan beberapa metode pembelajaran yang ada, dan (b) faktor lingkungan yang sangat mendukung berjalannnya aktifitas pembelajaran dengan menggunakan metode variatif. Adapun beberapa faktor yang menjadi kendala di dalam penggunaan metode variatif oleh guru Qur’an Hadits di SMP Islam Jabung, diantaranya adalah: (a) adanya perbedaan daya tangkap yang muncul diantara siswa. (b) terbatasnya waktu (c) kurangnya kemampuan akselerasi dari guru yang bersangkutan.

ENGLISH:

Instruction of Qur’An Hadits al in SMP Islam aim to to give base abilities to student in reading, writing, accustoming, and also push, constructing and guiding akhlaq and behavior of student with berpedoman at al- Qur’an-Hadits. In course of learning to teach at subject of al-Qur’an-Hadits this is expected the happening of change in child x'self, good of cognate aspect, afektif, and also psikomotorik. Problems which is oftentimes met in course of its study is how to present items to student well is so that obtained by result of efficient and effective. Beside other problem which is often discovered by the lack of attention of religion teacher to variation of usage of method teach in the effort make-up of quality of good instruction. Teaching effectively very is base on of election of method and usage of method teach compatible with a purpose to teach. But condition and experience above its must differ from what is in SMP Islam of Jabung Unlucky. Must it him Learn subject of al-Qur’an-Hadits in the SMP have method and also separate challenge with reference to study pattern in school activity.

Target of this research is to know methodologies and approach of study used by all teacher of al Qur'An Hadits in teaching study area of al Qur’An Hadits in SMP Islam of Jabung Unlucky and To know resistor factors faced by teacher of al Qur’An Hadits to the used study method it. Method which is used in this research is descriptive research method qualitative Result of research indicate that Method which is often used/to be specified in activity of process learn to teach Al-Qur’An Hadits for example discourse method, drill, question and answer, and discussion. To teacher of Qur’An Hadits in SMP Islam of Jabung, in its study process of them [do/conduct] merger/above mentioned instruction method variation. As for supplementary factor and resistor of method of variatif at subject of Al Qur’An Hadits is: supplementary factor that is : (a) knowledge and skill which is dimiki by pertinent teacher of domination and knowledge will some existing study method, and (b) environmental factor very supporting to have himstudy activity by using method of variatif. As for some factor becoming constraint in usage of method of variatif by teacher of Qur’An Hadits in SMP Islam of Jabung, among others is: ( a) limited life (b) the lack of ability of akselerasi of pertinent teacher.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Walid, Muhammad
Keywords: Metodologi; Pembelajaran; al-Qur’an Hadits; Methodologies; Study; al-Qur’an-Hadits
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 10 Aug 2016 11:53
Last Modified: 10 Aug 2016 11:53
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4259

Actions (login required)

View Item View Item