As'ad, Muhammad (2008) Upaya pondok pesantren dalam meningkatkan keterampilan hidup santri: Studi kasus di Pondok Pesantren Man'baul Ulum Sidomulyo-Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
03110204.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (882kB) |
Abstract
INDONESIA:
Ada suatu anggapan bahwa relevansi antara pendidikan dengan kenyataan hidup kurang erat. Produk pendidikan makin terasing dari kehidupan nyata. Sehingga tamatan pendidikan merasa gagap dan tidak siap ketika berhadapan dengan persoalan kehidupan. Untuk mengantisipasi persoalan tersebut, pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam mempunyai andil besar dalam memberdayakan potensi santri. Salah satunya adalah dengan memasukkan pendidikan keterampilan dan praktek keterampilan secara nyata dalam rutinitas kehidupan santri. dasar pembentukan program ini adalah untuk mengembangkan sekaligus memperluas kompetensi santri yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, agar dapat dijadikan sebagai bekal ketika hendak terjun ke masyarakat.
Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi ini dengan mengambil judul "Upaya Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Keteramplan Hidup Santri (studi kasus di pesantren Manba’ul Ulum Sidomulyo-Batu)". Dengan pokok rumusan masalah, Bagaimana upaya pondok pesantren Manba'ul Ulum dalam meningkatkan keterampilan hidup santri? Bagaimana strategi pondok pesantren Manba'ul Ulum dalam meningkatkan keterampilan hidup santri? Apa faktor pendukung dan penghambat pondok pesantren Manba'ul Ulum dalam meningkatkan keterampilan hidup santri?
Dari ketiga rumusan masalah itu, peneliti mempunyai tujuan ingin mendeskripsikan tentang upaya pesantren Manba'ul Ulum dalam meningkatkan keterampilan hidup santri beserta strategi penerapannya. Selain itu, juga ingin mengetahui faktor pendukung sekaligus penghambat yang dialami pesantren Manba'ul Ulum dalam meningkatkan keterampilan hidup santri.
Dalam penelitian ini, peneliti mengacu pada penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan naturalistik dengan alasan ingin mencari dan menemukan fenomena yang memiliki latar belakang konteks tertentu. adapun prosedur pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk memeriksaan keabsahan data yang telah diperoleh, peneliti mengandalkan teknik triangulasi dengan memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data primer untuk keperluan pengecekan keabsahan data sekaligus sebagai bahan pembanding terhadap data yang telah didapatkan. Sebagai alat analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis induksi dengan mengkomparasikan buku-buku yang membahas tentang (life skill) keterampilan hidup.
Adapun hasil penelitian tentang upaya pondok pesantren dalam meningkatkan keterampilan hidup santri tampaknya sudah menunjukkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini bisa diketahui melalui kegiatan keterampilan hidup yang berlangsung dalam pesantren Manba’ul Ulum. Misalnya, keterampilan dalam kegiatan Batsul Masail, budidaya tanaman hias, perdagangan, perikanan. Kegiatan keterampilan hidup ini pada dasarnya bertujuan untuk memberdayakan potensi santri sekaligus membekali santri pada saat sudah kembali ke masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhudi, Muhammad Mujab | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pesantren; Keterampilan Hidup; Santri | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2016 18:53 | ||||||
Last Modified: | 02 Jan 2018 11:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4253 |
Downloads
Downloads per month over past year

Actions (login required)
![]() |
View Item |