Harianto, Bambang (2010) Motivasi belajar ditinjau dari persepsi siswa terhadap guru dan teman sebaya pada siswa-siswi SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05410085.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan belajar. Siswa yang memiliki motivasi belajar mempunyai kecenderungan untuk mencurahkan segala kemampuannya untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Semakin tinggi motivasi yang dimiliki siswa, siswa akan tergerak belajar lebih giat lagi dan frekuensi belajarnya menjadi semakin meningkat, sehingga hasil belajarnyapun meningkat. Salah satunya adalah, motivasi belajar pada siswa-siswi SMA Unggulan Haf-sa Zainul Hasan BPPT Genggong, kuat dan lemahnya motivasi setiap siswa berbeda-beda, salah satu hal itu dipengaruhi oleh faktor persepsi siswa terhadap guru dan teman sebaya.
Penelitian ini bertujuan untuk menggetahui adanya tingkat motivasi belajar ditinjau dari persepsi siswa terhadap guru dan teman sebaya, dan untuk mengetahui seberapa besar persepsi siswa terhadap guru dan teman sebaya, dan apakah ada hubungan motivasi belajar ditinjau dari persepsi siswa terhadap guru dan teman sebaya di SMA Unggulan Haf-sa Zainul Hasan BPPT Genggong.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif koresional dengan bantuan SPSS 14.01 for windows. Dari populasi sebanyak 292 siswa sampel yang digunakan sebanyak 118 siswa-siswi SMA Unggulan haf-sa Zainul Hasan BPPT Genggong dengan menggunkan metode statified proportional ramdom sampling. Dari hasil penelitian terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan persepsi yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,319.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar pada sebagian siswa-siswi dalam kategori sedang. Terlihat dari aktivitas keseharian siswa yang terlihat adanya penurunan prestasi dibidang akademik. Indikator yang menyatakan motivasi belajar siswa dalam kategori sedang ialah siswa sering terlambat datang ke sekolah. Berdasarkan data statistik dari 118 siswa yang dijadikan sampel penelitian, diketahui bahwa terdapat 15,25% siswa yang memilki motivasi belajar rendah dengan jumlah 18 subyek, 72,88% siswa memilki motivasi belajar sedang dengan jumlah 86 subyek, dan 11,86% siswa yang memilki motivasi belajar tinggi dengan jumlah 14 subyek.
ABSTRACT
Motivation is one important factor affecting learning success. Students with motivation tend to have ability to get optimum learning result to achieve their expected objective. The higher students’ motivation will push the student to learn harder with greater frequency, therefore resulting in greater learning result. The learning motivation of students at SMA Haf-sa Zainul Hasan BPPT Genggong, Probolinggo, may be the example. Each student has different motivation, either stronger or weaker. The difference occurs due to students’ perception factor about the teacher and peer.
The objective of research is to understand the rate of learning motivation viewed from students’ perception about the teacher and peer and to examine the rate of students’ perception about the teacher and peer. Research attempts to answer the question whether the relationship exists between learning motivation and students’ perception about the teacher and peer in the context of SMA Haf-sa Zainul Hasan BPPT Genggong, Probolinggo.
Research can be categorized as correlation quantitative study assisted by SPSS
14.01 for Windows. From the population including 292 students, the sample has been used was 118 students of SMA Haf-sa Zainul Hasan BPPT Genggong, Probolinggo, which has been determined by stratified proportional random sampling method. The relationship definitely exists between learning motivation and students’ perception, as shown in the correlation coefficient (rx y) of 0.319.
Results of research indicate that learning motivation of students remain in the medium category. It can be seen from the daily activity of students, especially from their decreasing academic achievement. The indicator of medium level of students’ learning motivation is that students are often coming late to school. Regarding to the statistical data for 118 students as sample, it seems that 15.25 % students or 18 subjects have low learning motivation, while 72.88 % students or 86 subjects have medium learning motivation, but 11.86 % or 14 subjects have high le
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hidayah, Rifa | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; Persepsi Siswa; Learning Motivation; Students’ Perception | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 20 Dec 2022 11:39 | ||||||
Last Modified: | 20 Dec 2022 11:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42509 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |