Ermayanti, Risa (2008) Penerapan metode ganjaran dan hukuman dalam pembentukan akhlak terpuji peserta didik di MTs Islamiyah Pakis Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04110026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (907kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Ganjaran dan hukuman merupakan salah satu alat pendidikan yang berfungsi untuk memotivasi siswa dalam proses belajar. Dengan demikian maksud dan tujuan-tujuan dalam pemberian ganjaran dan hukuman, yaitu lebih meningkatkan kemauan yang lebih baik dan lebih giat pada peserta didik dalam melakukan perbuatan-perbuatan yang positif yang telah dilakukannya, termasuk di dalamnya adalah pembentukan akhlak yang terpuji pada peserta didik.
Seorang pendidik diharapkan dalam memberi ganjaran dan hukuman, sesuai dengan peraturan yang ada, sehingga peserta didik bisa menerima dengan besar hati. Dan diharapkan selama ganjaran dan hukuman diterapkan tidak ada kesalah pahaman antara pendidik dan peserta didik. Sehingga metode ganjaran dan hukuman dapat membawa dampak positif yang dapat menjadikan peserta didik untuk menjadi lebih baik terutama dalam hal berakhlak.
Berdasarkan pada latar belakang masalah di atas, maka penulis tertarik untuk mengambil judul "Penerapan Metode Ganjaran dan Hukuman Dalam Pembentukan Akhlak Terpuji Peserta Didik Di MTs Islamiyah Pakis Malang". Masalah yang muncul dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode ganjaran dan hukuman dalam pembentukan akhlak terpuji peserta didik di MTs Islamiyah Pakis Malang?, 2) Bagaimana dampak penerapan metode ganjaran dan hukuman dalam pembentukan akhlak terpuji peserta didik di MTs Islamiyah Pakis Malang?, 3) Bagaimana perkembangan akhlak terpuji peserta didik MTs Islamiyah Pakis Malang?
Adapun tujuan yang ingin dicapai: 1) Untuk mendiskripsikan penerapan metode ganjaran dan hukuman dalam pembentukan akhlak terpuji peserta didik di MTs Islamiyah Pakis malang, 2) untuk mendiskripsikan dampak penerapan ganjaran dan hukuman dalam pembentukan akhlak terpuji peserta didik di MTs Islamiyah Pakis Malang, 3) Untuk mendiskripsikan perkembangan akhlak terpuji peserta didik MTs Islamiyah Pakis Malang dengan adanya metode ganjaran dan hukuman.
Pembahasan metode ini dengan menggunakan metode observasi langsung, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisa data penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menjelaskan hasil data dengan kata-kata.
Hasil dari data, diperoleh kesimpulan bahwa ada dampak dari penerapan metode ganjaran dan hukuman dalam pembentukan akhlak terpuji peserta didik di MTs Islamiyah Pakis Malang. Dampak dari penerapan metode ini cukup positif karena peserta didik bisa menjadi lebih baik, dan meningkatkan prestasinya, dan dapat menumbuhkan akhlak yang baik atau terpuji pada diri peserta didik itu sendiri. Adapun pengaruhnya pada perkembangan akhlak peserta didik, yaitu peserta didik bisa menjadi lebih baik. Hasil dari data, diperoleh kesimpulan bahwa ada dampak dari penerapan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Ganjaran; Hukuman; dan Akhlak Terpuji | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2016 18:55 | ||||||
Last Modified: | 10 Aug 2016 18:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4246 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |