Baity, Umy (2008) Upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai agama pada siswa Taman Pendidikan Al-Qur'an Mamba`ul Huda Jl. Candi Telaga Wangi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03110190.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan bangsa dan Negara. Perkembangan zaman yang semakin modern, ilmu pengetahuan dan tehnologi dewasa ini berkembang begitu cepat. Oleh kerana itu, pendidikan seharusnya dapat menyesuaikan diri dan dapat memberikan sumbangan terhadap perkembangan dan ilmu pengetahuan, namun realita yang terjadi kebobrokan moral semakin meraja lela, untuk itu penanaman nilai-nilai agama sejak dini dirasa sangat perlu untuk mewujudkan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya yang dititikberatkan kepada pembinaan mental generasi muda sehingga nantinya diharapkan generasi penerus bangsa yang bertaqwa, berbudi luhur, berketrampilan, mandiri dan bertanggung jawab sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai agama pada siswa TPQ Mam'baul Huda yang terletak Jl. Candi Telaga Wangi Malang dengan subyek penelitian ialah para guru. Selain itu penelitian ini hendak menjawab apakah yang menjadi pendorong dan penghambat dalam usaha menanamkan nilai-nilai agama pada siswa dan upaya pemecahannya di TPQ Mamba`ul Huda Jl. Candi Telaga Wangi Malang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan meliputi interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisa data menggunakan deskriptif analisis. Dengan menggunakan beberapa tahapan seperti identifikasi, kategorisasi, dan selanjutnya dilaksanakan interpretasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai agama yakni memberikan pendidikan aqidah, ibadah dan syariah, akhlak, hafalan doa-doa dan surat-surat pendek, metode yang digunakan adalah metode lisan secara spontanitas, metode demonstrasi, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode memberi hukuman, metode memberi nasehat.
Adapun hal yang menunjang dalam upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai agama pada siswa suasana kekeluargaan, kedekatan emosional, fasilitas yang memadai, adanya kerjasama antara guru dan wali murid, kemampuan seorang guru, keinginan yang kuat dari siswa. Adapun faktor penghambat diantaranya, sering terjadi perbedaan dalam memberikan keteladanan kepeda siswa antara yang diajarkan di TPQ dan yang diajarkan di rumah, kesulitan menghubungi orang tua siswa, kesulitan dalam memilih metode yang tepat yang sesuai dengan karakter siswa, kurangnya motivasi dari orang tua, pengaruh lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Alfa, Mohammad Asrori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penanaman Nilai-nilai Agama | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2016 18:54 | ||||||
Last Modified: | 21 Mar 2023 09:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4243 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |