Manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di taman kanak-kanak: Studi Kasus di TK Al-Faraby Turen

Fadilah, Evi Nuning (2008) Manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di taman kanak-kanak: Studi Kasus di TK Al-Faraby Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
01110218.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (890kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan Bagi anak usia dini sekarang tengah marak-maraknya, dimana-mana orang tua merasakan pentingnya mendidik anak melalui lembaga persekolahan yang ada. Merekapun berlomba-lomba untuk memeberikan anak-anak mereka pelayanan pendidikan yang baik. Taman Kanak-kanakpun berdiri dengan berbagai rupa, di kota hingga ke desa, ada pula taman kanak-kanak yang mengajarkan pendidikan agama islam yang seimbang dengan pendidikan umum dengan demikian anak-anak di harapkan memiliki pengetahuan agama dan umum dengan seimbang. Jadi dengan demikian, Manajemen pembelajaran pendidikan agama islam harus di kelolah dengan baik agar menghasilkan anak didik yang berkualiatas di segala bidang.

Manajemen Pembelajaran merupakan jantung dari proses pendidikan dalam satu intuisi pendidikan, untuk itulah di perlukan perencanaan pembelajaran yang sistematis agar proses belajar mengajar di kelas di laksanakan dengan baik, sehingga memperoleh hasil yang baik pula dan untuk memperoleh hasil yang baik dalam suatu pembelajaran terutama pembelajaran pendidikan agama islam akan selalu menemui faktor-faktor pendukung dan penghambat.

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: untuk mendiskripsikan bagaimana perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam yang dilakukan oleh guru Taman Kanak-kanak Al-Faraby Turen, dan bagaimana pula penilaian yang dilakukan oleh guru Taman Kanak-kanak Al Faraby Turen. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode, observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian yang penulis lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa: perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam yang di lakukan di Taman Kanak-kanak Al-Faraby Turen di nilai sudah baik, karena memakai kurikulum 2004 dengan benar dan cermat. Perencanaan tahunan dan semesteran memang sudah di tentukan dari pusat tetapi program kegiatanya di susun oleh TK sendiri dan sudah di lakukan dengan perencanaan yang matang dan di sesuaikan dengan perkembangan anak didiknya. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam yang dilakukan di Taman kanak-kanak Al-Faraby Turen sudah berjalan dengan lancar, begitu pula penilaian yang digunakan sudah di laksanakan dengan baik dan benar.

Dari penelitian ini, saran-saran yang diberikan pada pelaksanaan manajemen pembelajaran pendidikan agama islam adalah bagi pengelola TK diharapkan untuk menambah ruangan untuk bermain dan belajar serta menambah sarana dan prasarana. Dan untuk guru-guru taman kanak-kanak Al Faraby Turen, diharapkan untuk terus berlatih meningkatkan variasi atau metode mengajaranya, agar anak didik tetap tertarik untuk memperhatikan materi-materi yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Supriyatno, Triyo
Keywords: Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 10 Aug 2016 11:51
Last Modified: 10 Aug 2016 11:51
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4242

Actions (login required)

View Item View Item