Peranan kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan madrasah di MTs Surya Buana Malang

Fitriyah, Lailatul (2008) Peranan kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan madrasah di MTs Surya Buana Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03110184.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (920kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Kepala madrasah merupakan pemimpin pendidikan yang sangat penting karena lebih dekat dan langsung berhubungan dengan pelaksanaan program pendidikan tiap-tiap madrasah. Kepemimpinan yang resmi di dalam pelaksanaannya selalu berada di atas landasan-landasan atau peraturan-peraturan resmi. Kepala madrasah mempunyai peranan penting dalam mengembangkan lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas proses pendidikan. Madrasah merupakan sebuah lembaga pendidikan formal yang didalamnya terdapat suatu proses aktivitas yang melibatkan beberapa orang dengan menggunakan fasilitas dan sarana guna mencapai suatu tujuan yang telah di tetapkan. Adapun orang- orang yang terlibat di dalamnya adalah kepala madrasah beserta staf-stafnya.

Berdasarkan uraian diatas maka peneliti membatasi pembahasan skripsi ini dengan rumusan masalah sebagai berikut : (a) bagaimana problem pengembangan MTs Surya Buana Malang (b) Bagaimana strategi pengembangan MTs Surya Buana (c) bagaimana peran kepala madrasah dalam mengembangkan MTs Surya Buana Malang. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan yang ingin dicapai adalah : (a) ingin mengetahui bagaimana problem pengembangan MTs Surya Buana Malang (b) ingin mengetahui bagaimana strategi pengembangan MTs Surya Buana Malang (c) ingin mengetahui bagaimana peranan kepala madrasah dalam mengembangkan MTs Surya Buana Malang.

Untuk memperoleh data tentang hal diatas, dalam skripsi ini peneliti menggunakan metode observasi, wawancara (interview) dan metode dokumentasi. Sedangkan dalam mengelola data peneliti menggunakan analisis data yang bersifat deskriptif kualitatif.

Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti dapat di sampaikan di sini bahwasanya problem pengembangan madrasah adalah problem dana dan problem tempat. Dana yang kurang memadai dalam mengembangkan sarana dan prasarana madrasah merupakan salah satu masalah/penghambat dalam kelancaran proses pembelajaran. Adapun strategi yang dilakukan kepala madrasah dalam mengembangkan madrasahnya adalah pertama strategi pengembangan administrasi kurikulum yang meliputi : (1) memberikan otonomi pada masing-masing jurusan, (2) mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), kedua strategi pengembangan SDM yang dilakukan melalui : studi lanjut bagi guru-guru, pengefektifan musyawarah, mengikut sertakan guru dalam berbagai macam pelatihan, mengirimkan guru dalam mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik S1 maupun S2, peningkatan kedisiplinan guru, perekrutan tenaga administrasi dengan mengedepankan aspek kualitas, melakukan supervisi dan dialog terbuka, menggalakkan gemar membaca siswa, mengembangkan minat dan bakat siswa, menciptakan suasana madrasah yang islami, penambahan rentang waktu belajar full day school, yang ketiga strategi pengembangan peran serta masyarakat. Jadi madrasah harus menjalin kerja sama dengan masyarakat, karena keterlibatan masyarakat yang baik akan membantu pengembangan madrasah dalam berbagai aspek terutama dalam pendanaan. Sedangkan peranan kepala madrasah dalam mengembangkan madrasah di MTs Surya Buana Malang adalah sebagai pendidik/edukator, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator. Dalam melakukan sebuah perubahan strategi diatas harus bisa dieliminir sedemikian rupa melalui beberapa proses dan tahapan-tahapan. Dari sinilah terlihat betapa pentingnya peran seorang kepala madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hady, Samsul
Keywords: Peranan Kepala Madrasah; Pengembangan Madrasah
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 10 Aug 2016 11:54
Last Modified: 10 Aug 2016 11:54
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4238

Actions (login required)

View Item View Item