Rokhim, Miftakhur (2010) Perbedaan kecerdasan interpersonal remaja ditinjau dari urutan kelahiran anak dan jenis kelamin kelas X di SMAN 1 Kandangan Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05410030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya, remaja mulai memperhatikan dan mengenal berbagai norma pergaulan yang berbeda dengan norma yang berlaku didalam keluarganya. Namun dalam melakukan hubungan sosial di lingkungannya, tidak semua remaja bisa dengan mudah bergaul dengan sebayanya. Untuk dapat menjalin hubungan yang baik antara remaja dengan teman sebayanya, diperlukan kecerdasan interpersonal. Prosesnya tidak semua remaja memiliki kecerdasan interpersonal yang tinggi untuk dapat bergaul dan membangun hubungan baik dengan lingkungan sosialnya khususnya dengan sebayanya. Hal ini karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi sikap tersebut. Misalnya dari urutan kelahiran anak dalam keluarga dianggap mempengaruhi kemampuan remaja dalam menjalin hubungan baik dengan orang lain. Didalam urutan kelahiran yang berbeda tersebut, terdapat beberapa karakter yang berbeda pada diri anak dalam hubungannya dengan lingkungan sosial. Faktor lain adalah dari jenis kelamin. Sifat dasar yang berbeda dari laki-laki dan perempuan diasumsikan dapat mempengaruhi perkembangan remaja dalam hubungan sosialnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kecerdasan interpersonal remaja ditinjau dari urutan kelahiran, apakah terdapat perbedaan kecerdasan interpersonal ditinjau dari jenis kelamin, dan apakah terdapat perbedaan kecerdasan interpersonal ditinjau dari urutan kelahiran dan jenis kelamin.
Jenis penelitian ini adalah penelitian sampel karena subyek berjumlah lebih dari seratus. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diambil sebanyak 70 siswa.
Pada penelitian ini diketahui bahwa tidak ada perbedaan kecerdasan interpersonal remaja ditinjau dari urutan kelahiran. Hasil penghitungan menggunakan teknik one way anova menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,807. Oleh karena P > 0,05 maka Ho diterima atau tidak terdapat perbedaan. Untuk mengetahui kecerdasan interpersonal ditinjau dari jenis kelamin, digunakan teknik Independent-samples T test dan hasil penghitungan menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,27 sehingga P > 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan. Sedangkan untuk mengetahui Kecerdasan interpersonal ditinjau dari urutan kelahiran dan jenis kelamin, digunakan teknik two way anova dan hasil menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,146 sehingga P > 0,05 yang berarti juga tidak terdapat perbedaan.
Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa hasil penelitian tidak sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan kecerdasan interpersonal berdasarkan urutan kelahiran dan jenis kelamin.
ABSTRACT
Teenagers begin to adapt with their environment by attending and acknowledging the association norm differed from those found in their family. Not all teenagers are found easily to have association with others during their first social relationship in the environme nt. Interpersonal intelligence is required to keep good relationship among them and their counterparts. However, not all teenagers have high interpersonal intelligence. Some factors influence this capability. Child birth sequence in a family ma y be conside red as influencing the teenagers’ ability to have good relationship with others. Different sequence of birth can give different character in the teenagers’ self for their relationship with their social environment. Other factor relates to sex type. Differe nt underlying nature of male and female has been assumed as affecting the teenagers’ development in the social relationship. Research objective is to understand whether the difference of interpersonal intelligence exists viewed from child birth sequence, s ex type and both factors.
Research t ype is sample study because the subject is more than a hundred. Purposive Sampling is sampling technique, with 70 students as sample.
Result of research indicates that teenagers’ interpersonal intelligence may not diff er based on child birth. Result of One Way ANOVA shows that it has significance rate of 0.807. Therefore, P > 0.05, in which Ho is accepted, meaning there is no difference. In relative to sex type, Independent -Samples T test is used. The result shows that it has significance rate of 0.27, in which P > 0.05, meaning there is no difference. Considering both factors, Two Way ANOVA is employed in which the result is showing 0.146 significance rate, in which P > 0.05, meaning that there is no difference.
Based on the explanation above, it is known that the research does not fit with the theory that there are differences in interpersonal intelligence in order of child birth sequence and sex type.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sa'diyah, Elok Halimatus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Interpersonal; Urutan Kelahiran Anak; Jenis Kelamin; Interpersonal Intelligence; Child Birth Sequence; Sex Type | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2022 10:22 | ||||||
Last Modified: | 31 Mar 2023 08:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42347 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |