Siswanto, Muda Prastya Dwi (2010) Hubungan Media Iklan dengan Keputusan Membeli Handphone China pada Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06410038.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Proses pegenalan suatu produk baru merupakan hal yang paling utama dilakukan oleh para produsen untuk menarik minat keputusan membeli konsumen. Iklan merupakan salah satu alat pemasaran yang paling efektif, melalui berbagai media iklan yang ada. Faktor tema iklan, Pesan Iklan, Gambar suara, dan ukuran penempatan merupakan faktor yang digunakan dalam media iklan untuk mengukur keputusan membeli konsumen. Sedangkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi intensi membeli konsumen, seperti faktor budaya, faktor sosial pribadi dan faktor psikologi digunakan sebagai indicator pengukur keputusan membeli konsumen. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji seberapa besar hubungan tema iklan, pesan iklan, gambar suara dan ukuran penempatan terhadap keputusan membeli handphone china pada konsumen.
Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pengukuran dilakukan menggunakan kuestioner. Dari data yang diperoleh dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana. Dari hasil analisis diketahui dari 40 item skala media iklan yang diujicobakan terdapat 23 item yang valid dengan nilai korelasi antara 0,301- 0,709 dengan reliabilitas sebesar 0,804. Sedangkan dari 40 item skala keputusan membeli yang diujicobakan, terdapat 26 item yang valid dengan nilai korelasi antara 0,315-0,688 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,864.
Berdasarkan kategorisasi yang dilakukan menunjukkan penrimaan media iklan sebesar 62% pada taraf sedang, 24% pada taraf tinggi , dan 14% pada taraf rendah. Sementara tingkat keputusan membeli sebesar 36% pada taraf sedang, 18% pada taraf rendah, dan 46% pada taraf tinggi.
Berdasarkan analisis regresi diketahui koefisien regresi dengan nilai F=282,416 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Hal ini berarti ada hubungan media iklan terhadap keputusan membeli handphone pada mahasiswa yang signifikan. Sumbangan secara bersama-sama faktor media iklan yaitu tema iklan, pesan iklan, gambar suara, dan ukuran penempatan terhadap keputusan membeli sebesar R2=0,917,. Ini berarti sumbangan tersebut adalah sebesar91,7%. Faktor pesan iklan memberikan pengaruh paling signifikan pada keputusan membeli dengan koefisien regresi sebesar 1,205.
ABSTRACT
Recognizing process of a new product is a challenging for industrial company. It’s used getting closed on consumer interest of buying decision making. Advertising which is one of most effective advertisement way, it’s give a consumer any information, persuasion and remembering of some products. Advertising use kind of a media to get consumer involved on information they’ve needed. Advertising media factor such as advertising theme, adv message, audio visual, and adv size placement are those factors used measuring adv media variable. Culture, social, psychology, and individual were factors measuring consumer buying decision making. This research proposed tested significance relationship between adv theme, adv message, audiovisual, and adv size placement on consumer buying decision making of China’s Mobile phone products.
Subject of this research are psychology students of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang. Measure method used questioner. Based on advertising media questioner validity analysis showed 23 of 40 item were valid on 0,301 – 0,709 correlations coefficients and 0,804 alpha cronbach’s reliability analysis. Meanwhile 26 of 40 buying decision questioner item valid on 0,315 – 0,688 correlations coefficients and 0,864 alpha cronbach’s reliability analysis.
Based on categorization applied on acceptance advertising media showed 62% standard degree, 24% high degree, and 14% at low degree. Meanwhile degrees of buying decision showed 36% on standard degree, 18% low degree, and 46% at high degree.
This study used regression analysis aims to know significance of advertising media factors. It factors are advertising theme, advertising message, audiovisual, advertising size and placement. Based on regression analysis show f table = 282, 416 and Sig value 0.000 < α 0,05. It means there’s relationship Between Consumer’s Buying Decision And Advertising Media Of China Mobile Phone Product On Psychology Students. Advertising media factors gives 91,7% contribution on China’s Mobile phone buying decision making, it showed by R2 = 0,917. Advertising message as a partial adv media factor give most significance contribution with 1,205 regression coefficients.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Irawan, Andik Rony | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Iklan; Keputusan Membeli; Advertising Media; Consumer’s Buying Decision | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2022 10:11 | ||||||
Last Modified: | 12 Dec 2022 10:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42317 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |