Fidyatin, Iffah Nur (2010) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas II MTSN Tembelang Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text
04410108.pdf Download (594kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang juga tinggi. Namun, menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional merupakan landasan bagi prestasi belajar siswa. Kecerdasan emosional itu meliputi kemampuan mengendalian diri sendiri, memiliki semangat dan ketekunan, memotivasi diri sendiri, ketahanan menghadapi frustasi, kemampuan mengatur suasana hati, kemampuan empati. Orang yang dapat mengendalikan emosi secara cepat dan memperhatikan serta memikirkan perasaan orang lain dapat disebut sebagai orang yang cerdas emosional. Semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi dalam menentukan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa kelas II MTsN Tembelang Jombang, dan untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas II MTsN Tembelang Jombang, serta untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas II MTsN Tembelang Jombang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa MTsN Tembelang Jombang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampel. Dan pengumpulan data yang dilakukan dengan cara angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment, yang sebelumnya dilakukan dengan pencarian rata-rata dan standar deviasi serta kategorisasi dari masing-masing variabel tingkat kecerdasan emosional dan tingkat prestasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa berada pada tingkat sedang dan tinggi, namun sebagian besar tingkat kecerdasan emosional siswa adalah rendah. Sedangkan untuk tingkat prestasi siswa memiliki tingkat prestasi dengan nilai rata- rata di atas 65 dengan kategori sedang dan tinggi, namun secara umum atau sebagian besar prestasi siswa adalah rendah. Hasil perhitungan korelasi dengan menggunakan product moment didapatkan hasil 0,735, artinya kedua variabel tingkat kecerdasan emosional dan tingkat prestasi belajar siswa memiliki hubungan yang erat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kecerdasan emosional; prestasi belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2022 10:52 | ||||||
Last Modified: | 12 Dec 2022 10:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42305 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |