Huda, Misbahul (2010) Korelasi antara kebiasaan belajar efektif dengan prestasi belajar siswa di MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04410052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (481kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kegiatan belajar merupakan proses pendidikan di sekolah. Ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik. Kebiasaan memiliki arti penting dalam meningkatkan ataupun menurunya prestasi belajar. Siswa yang memiliki kebiasaan belajar yang efektif cenderung hidup dengan penuh disiplin dan tanggung jawab dalam setiap tindakan belajarnya untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi. Kebiasaan belajar efektif bukan bawaan dari lahir, tetapi dapat dibentuk dan ditanamkan pada siswa sejak sedini mungkin sebelum siswa berada pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Peran serta orangtua sangat mendukung dalam pembentukan kebiasaan belajar yang efektif, karena untuk pertama kalinya pendidikan diperkenalkan oleh komunitas terdekat dalam lingkup terkecil yaitu keluarga. Dalam hal ini kondisi yang paling tepat untuk menanamkan kebiasaan belajar dan pengisian waktu luang yang efektif dan terarah adalah siswa sekolah dasar.
Sekolah dasar merupakan pendidikan formal untuk pertama kalinya dilalui oleh siswa dan merupakan sistem terpanjang dalam pendidikan di Indonesia karena ditempuh dalam jangka waktu enam tahun. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kebiasaan belajar efektif siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik? (3) Bagaimana hubungan antara kebiasaan belajar efektif terhadap prestasi belajar siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik?.
Berangkat dari rumusan masalah di atas maka penelitian ini memiliki tujuan antara lain: (1) Untuk mengetahui kebiasaan belajar efektif siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik. (2) Untuk mengatahui prestasi belajar siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik. (3) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kebiasaan belajar efektif terhadap prestasi belajar siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik.
Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas adalah kebiasaan belajar efektif dan variabel terikat adalah prestasi belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik, dengan jumlah subjek seluruhnya adalah 60 siswa. Pengambilan subjek dalam penelitian ini berdasarkan teknik sampling nonprobabilitas dengan bentuk sampling purposive (bertujuan) yaitu dengan maksud untuk tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik, yaitu metode dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa dan metode angket untuk mengetahui bagaimana kebiasaan belajar. Pada penelitian ini menggunakan alat ukur. Alat ukur ini harus baik dan berkualitas supaya memenuhi syarat validitas dan reliabilitas dari alat ukur yang digunakan. Pada penelitian ini akan mengungkap aspek-aspek yang terdapat pada angket kebiasan belajar dan angket pengisian waktu luang, yang diberikan pada subjek penelitian yang terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik. Model analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis digunakan analisis korelasi bivriate. Analisis yang digunakan adalah program SPSS 15.0 For Windows dari MS Windows XP. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi, yaitu uji normalitas dan uji linieritas.
Dengan menggunakan metode analisis korelasi ditemukan bahwa hipotesis penelitian tersebut diterima. Hal ini disebabkan variabel bebas dan variabel tergantung yang dihipotesiskan memiliki korelasi positif yang signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0.610 (p < 0,05).
ABSTRACT
Learning is a process of education in schools. This means that the success or failure of many educational achievement depends on how the learning process experienced by students as protégés. Habits are important in improving the academic achievement or decline. Students who have an effective study habits tend to live with discipline and responsibility in every act of learning to achieve high academic achievement. Effective study habits are not congenital, but can be formed and inculcated in students from as early as possible before the students are at a higher level of education. Strongly supports the role of parents in forming effective study habits, because for the first time introduced by the nearby community education within the scope of which is the smallest family. In this case the most appropriate conditions for learning and inculcate the habit of filling free time is an effective and targeted primary school students.
Elementary School is the first formal education passed by the students and is the longest in the education system in Indonesia due to be taken within six years. Formulation of the problem in this study were (1) How effective learning habits of students grade 4, and 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik ? (2) How does student achievement grade 4, and 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik ? (3) How is the relationship between effective learning habits to learning achievement grade 4, and 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik ?.
Departure from the formulation of the problems mentioned above, this study has the purpose, among others: (1) To identify effective learning habits of students of class 4, and 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik. (2) to know the learning achievement of students of class 4, and 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik. (3) To determine whether there is a correlation between effective learning habits to learning achievement grade 4, and 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik.
In this study there were two variables are independent variable is the effective study habits and the dependent variable was academic achievement. The subjects were students of class 4, and 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik, with the number of subjects are all 60 students. Taking the subjects in this study based on sampling techniques nonprobabilitas with the form of purposive sampling (intended) is with a view to the goals you have set. Collecting data in this study using multiple techniques, namely documentation method to determine student achievement and questionnaire methods to find out how learning habits. In this study, using measuring instruments. This instrument must be well qualified to meet the requirements of validity and reliability of measuring instruments used. This research will uncover the aspects contained in the questionnaire study habits and questionnaire filling free time, given on the subject beforehand to research the validity and reliability testing. Analysis of the data used in this research is statistical analysis. The statistical analysis model used to test the hypothesis bivriate correlation analysis was used. The analysis used was SPSS 15.0 For Windows from the MS Windows XP. Before analyzing the data, first test assumptions, ie normality test and linearity test.
Using the method of correlation analysis found that the research hypothesis is accepted. This is due to the independent variables and dependent variables that are hypothesized to have a significant positive correlation with correlation coefficient equal to 0610 (p <0.05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kebiasaan Belajar Efektif; Prestasi Belajar; Kebiasaan Belajar Efektif; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 09 Dec 2022 13:16 | ||||||
Last Modified: | 28 Mar 2023 09:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42265 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |