Zuhana, Elly (2010) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Antarpegawai terhadap Komitmen Organisasi di PT. Taspen (Persero) Cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06410035.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Komunikasi interpersonal adalah kemampuan seseorang dalam berinteraksi atau membina hubungan dengan orang lain melalui komunikasi. Dengan adanya komunikasi interpersonal permasalahan hal kecil akan segera terselesaikan karena adanya komunikasi interpersonal yang baik, apabila komunikasi interpersonal dalam suatu organisasi tidak ada maka permasalahan kecil tidak akan tersampaikan pada atasan maupun sesama pegawai sehingga dapat menimbulkan permasalahan tersebut menjadi besar. Setiap permasalahan yang terjadi di dalam suatu perusahaan akan sangat mempengaruhi keberadaan komitmen seseorang terhadap perusahaan. Jadi keberadaan proses komunikasi interpersonal sangat dibutuhkan dalam menciptakan suasana yng nyaman di tempat kerja, dimana hal ini sanagt mempengaruhi kualitas komitmen organisasi yang dimiliki oleh seorang pegawai.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana tingkat Komunikasi Interpersonal di PT Taspen (Persero) Malang, (2) Untuk mengetahui bagaimana tingkat Komitmen Organisasi di PT Taspen (Persero) Malang, (3) Untuk mengetahui bagaimanakah Pengaruh Komunikasi Interpersonal yang baik dalam menumbuhkan komitmen organisasi pegawai di PT Taspen (Persero) Malang
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian non-eksperimen, dengan rancangan korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui : (1) wawancara, (2) observasi, (3) angket (4) Dokumentasi. Penelitian ini populasinya menggunakan seluruh Pegawai di PT Taspen (Persero) Cabang Malang sebanyak 68 orang pegawai sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunkan amgket yang mengacu pada aspek komunikasi interpersonal dan komitmen organisasi, dengan alat analisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, dan metode analisisnya menggunakan regresi linier sederhana, dengan bantuan SPSS 16.00 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian kuantitatif ini di dapat prosentase tingkat Komunikasi Interpersonal pegawai yang dibagi menjadi 3 kategori yaitu Kom unikasi Interpersonal dengan kategori tinggi 17,6% sebanyak 12 orang pegawai, Komunikasi Interpersonal kategori sedang 78% sebanyak 53 orang, Komunikasi Interpersonal dengan kategori rendah 4,4% sebanyak 3 orang. Sedang untuk tingkat Komitmen Organisasi pegawai juga dibagi menjadi 3 kategori yaitu kategori Komitmen Organisasi tinggi dengan prosentase 97% dengan jumlah 66 orang pegawai, Komitmen Organisasi kategori sedang dengan prosentase 3% dengan jumlah 2 orang pegawai, dan Komitmen Organisasi dengan kategori rendah sebanyak 0% yang artinya, tidak ada pegawai dengan atau yang mempunyai Komitmen Organisasi dalam tingkat yang rendah. Hasil analisis regresi menunjukkan Hasil analisis regresi yang digunakan untuk menguji hipotesis diperoleh = 7,621, sebesar 3,98 dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Menyatakan bahawa terdapat pengaruh yang signifikan antara Komunikasi Interpersonal terhadap komitmen Organisasai sebesar 10,4%, sedang sisanya sebanyak 89,6% dipengaruhi oleh faktor lain.
ABSTRACT
Interpersonal communication is the ability to interact or build relationships with others through communication. With the small matter of Interpersonal Communication problems will soon be resolved because of good Interpersonal Communication, if the Interpersonal Communication within an organization does not exist, then small problems will not be passed on to superiors and employees so that it can cause big problems. Any problems that occur within a company will greatly affect the existence of one's commitment to the company. So the existence of Interpersonal Communication process is needed in creating an comfortable atmosphere in the workplace, where it is greatly affect the quality of Organizational Commitment which is owned by an employee.
This research was conducted with the aim of: (1) To know how level of Interpersonal Communication in Taspen PT (Persero) Malang, (2) To know how the level of Organizational Commitment in Taspen PT (Persero) Malang (3) To know how the influence of good Interpersonal Communication in growing the Organization's Commitment of employees in PT Taspen (Persero) Malang.
This research uses non-experimental research, correlation design. Technique of data collecting is conducted through: (1) interviews, (2) observation, (3) questionnaire (4) Documentation. This study population using all Employees in the PT Taspen (Persero) Branch of Malang as many as 68 employees so that research is the study population. Instruments in this research using questionnaire which refers to aspects of Interpersonal Communication and Organizational Commitment, with analysis tools through the test validity, test reliability, and methods of analysis using simple linear regression, with using 16:00 SPSS for windows.
Based on the results of this quantitative research in the level percentage of Interpersonal Communication of employees who were divided into 3 categories: Interpersonal Communication with 17.6% of high category as many as 12 employees, Interpersonal Communication with 78% of medium category as many as 53 people, Interpersonal Communication with 4.4 % of low category as many as 3 people. As for the level of Organizational Commitment of employees is also divided into 3 categories namely high Organizational Commitment category with the percentage of 97% as many as 66 employees, medium Organizational Commitment category with the percentage of 3% as many as 2 employees, and Organizational Commitment to lower categories of 0% which meaning, no employees or who have organizational commitment in a low level. The result of Regression analysis showed that regression analysis is used to test the hypothesis obtained = 7.621, 3.98 with a significance level of 5% (0.05). Stating that there is significant relationship between Interpersonal Communication Organizational Commitment at 10.4%, while the remaining 89.6% influenced by other factors.
ABSTRACT ARABIC
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mangestuti, Retno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Komunikasi Interpersonal; Komitmen Organisasi; Interpersonal Communication; Organizational Commitment | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 09 Dec 2022 13:16 | ||||||
Last Modified: | 09 Dec 2022 13:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42257 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |