Syamsiyah, Syamsiyah (2008) Penggunaan metode diskusi dan tanya jawab dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Al-Qur’an-Hadits Kelas 2 B MTs Surya Buana Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04110143.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dalam kegiatan pembelajaran, penggunaan metode belajar tertentu sangat berpengaruh pada hasil belajar yang ingin dicapai. Namun kenyataannya, dalam proses pembelajaran Al-Qur’an-Hadits di madrasah masih menggunakan metode cenderung menoton menerangkan di depan kelas sedang siswa hanya mendengarkan informasi dari guru, sehingga proses pembelajaran tidak kondusif dan proses pembelajaran yang efektif sulit tercapai.
Penelitian ini terfokus pada (1) bagaimana cara guru menggunakan metode diskusi dan tanya jawab (2) bagaimana respon siswa terhadap penggunaan metode diskusi dan tanya jawab (3) apakah penggunaan metode diskusi dan tanya jawab dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran (4) apa problem yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Al-Qur’an-Hadits melalui penggunaan metode diskusi dan tanya jawab pada siswa kelas 2 MTs Surya Buana. Tujuan adalah mengetahui cara guru menggunakan metode diskusi dan tanya jawab, mengetahui respon siswa terhadap penggunaan metode diskusi dan tanya jawab, mengetahui penggunaan metode diskusi dan tanya jawab, serta mengetahui problem yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Al-Qur’an-Hadits penggunaan metode diskusi dan tanya jawab pada siswa kelas 2 MTs Surya Buana .
Desaian penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dan jenis penelitiannya adalah kolaboratif dengan guru dan murid.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan metode diskusi dan tanya jawab dapat meningkatkan efektifitas belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits kelas 2 B di MTs Surya Buana Malang. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan yaitu dengan menggunakan metode diskusi dan tanya jawab. peningkatan efektifitas yang semula nilai rata- rata pada pre tes sebesar 1,8, pada siklus 1 sebesar 2,3 meningkat 27%, siklus II sebesar 2,6 meningkat 44%, dari siklus III sebesar 3,2 meningkat 77%.
Saran yang diberikan adalah bagi lembaga pendidikan dan pihak yang berwenang diharapkan dapat menggunakan metode diskusi dan tanya jawab. Tenaga pengajar (guru) hendaknya bisa menggunakan metode diskusi dan tanya jawab pada mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits dan melaksanakan sesuai prosedur metode diskusi dan tanya jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Diskusi; Metode Tanya Jawab; Efektifitas | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2016 18:48 | ||||||
Last Modified: | 20 Aug 2019 15:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4224 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |