Yani, Asrah (2010) Analisis psikometrik tes kepribadian seleksi mahasiswa baru jalur mandiri Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang tahun 2008. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06410131.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Era globalisasi adalah era persaingan mutu dan kualitas. Oleh karena itu, perguruan tinggi harus berbasis dan bermutu. Salah satu indikator yang dapat menunjukkan baik tidaknya mutu pendidikan suatu perguruan tinggi adalah kualitas produk yang dihasilkan oleh perguruan tinggi tersebut. Agar dapat menghasilkan produk yang baik, perlu adanya generasi yang memiliki ilmu pengetahuan.
Mutu calon mahasiswa dapat diukur (diperkirakan) melalui tes psikologi. Tes yang digunakan harus dapat dipercaya validitas dan relibilitasnya. Oleh karena itu perlu dilakukan pengujian kualitas aitem dan validitas aitem. Pengujian tersebut dapat dilakukan dengan penggunakan pendekatan teori tes klasik. Hal yang hendak dilakukan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakteristik aitem, reliabilitas dan validitas konstruk skor tes masuk UIN MALIKI Malang jalur mandiri tahun 2008.
Penelitian ini merupakan evaluasi terhadap instrumen yang dalam hal ini adalah Tes Kepribadian yang digunakan UIN MALIKI Malang sebagai tes seleksi mahasiswa baru tahun 2008. Analisis dilakukan dengan cara menemukan karakteristik aitem berdasarkan daya beda reliabilitas dan validitasi instrument yang digunakan berdasarkan data skor peserta tes tahun 2008 (N=1194).
Hasil analisis aitem menggunakan computer program SPSS 16.00 menunjukkan berdasarkan daya beda indikator mengenali emosi 5 aitem yang diterima dengan reliabilitas instrument berdasarkan daya beda yang diterima diperoleh reliable (0.855). indikator mengelola emosi 13 aitem yang diterima dengan reliabilitas instrument berdasarkan daya beda yang diterima diperoleh reliable (0.914), indikator memotivasi diri 14 aitem yang diterima dengan reliabilitas instrument berdasarkan daya beda yang diterima diperoleh reliable (0.900), indikator empati 5 aitem yang diterima dengan reliabilitas instrument berdasarkan daya beda yang diterima diperoleh reliable (0.855), indikator membina hubungan 6 aitem yang diterima dengan reliabilitas instrument berdasarkan daya beda yang diterima diperoleh reliable (0.750) dan Hasil analisis factor dengan menggunakan program computer SPSS 16.00 menunjukkan Faktor Mengenali Emosi Diri 5 aitem bersifat unidimensial, Mengelola Emosi 12 aitem bersifat unidimensial, Memotivasi diri 13 aitem bersifat unidimensial, Mengenal Emosi orang lain (Empati) 4 aitem bersifat unidimensial. Membina Hubungan 5 aitem bersifat unidimensial.
ABSTRACT
Globalization era is the quality’s competition era. Therefore, universities must be based on high quality. One of indicators that indicate whether good or not the education’s quality of a university is the product quality produced by the university. To be able to produce a good product, there must be a generation that has the knowledge.
The quality of student’s candidates can be measured through psychological tests. The test used must be credible both validity and reliability. Therefore, it is necessary to test the quality and the validity of items. Those testing can be done with the use of classical test theory approach. This research is used to determine how the characteristics of items, reliability, and validity of the construct of entrance test scores UIN Malang Maliki through independent path in 2008.
This research is an evaluation of the instrument which in this case is that personality tests are used UIN Malang Maliki as a new student selection tests in 2008. Analysis is done by finding items based on the different characteristics of reliability and validation of instrument used by the participants test score data in
2008.
The result of item analysis using computer program named SPSS 16.00 shows that the different weight of indikator recognized the emotions of 5 items that received with reliability of different instruments based on the received reliable (0.855). of indikator Managing Emotions of 13 items that received with reliability of different instruments based on the received reliable (0.914). of indikator self-motivation of 14 items that received with reliability of different instruments based on the received reliable (0.900). of indikator recognizing others Emotion (empathy) of 5 items that received with reliability of different instruments based on the received reliable (0.855). of indikator Relationships can be of 6 items that received with reliability of different instruments based on the received reliable (0.750). And the results of factor analysis using SPSS computer shows that Recognizing Emotions Factor 5 of the items are unidimensial, Managing Emotions 12 items are unidimensial, about 13 self-motivation is unidimensial items, recognizing others Emotion (empathy) 4 items are unidimensial. Relationships can be unidimensial 5 items.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ridho, Ali | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Analisis Aitem; Reliabilitas; Analisis Faktor; Item Analysis; Reliability; Factor Analysis | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2022 15:19 | ||||||
Last Modified: | 07 Dec 2022 15:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42208 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |