Baidlowi, Baidlowi (2011) Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Al-Khozini Gondanglegi Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06410112.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (701kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi belajar dan prestasi belajar. Seseorang yang memiliki motivasi tinggi mempunyai kecenderungan untuk mencurahkan segala kemampuannya untuk mendapatkan prestasi belajar yang optimal. Kuat dan lemahnya motivasi setiap individu berbeda, hal itu dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Namun, kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Al-Khozini Gondanglegi Kabupaten Malang.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Al-Khozini Gondanglegi Kabupaten Malang Tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 71 siswa. Penelitian ini termasuk dalam purposive sampling karena hanya melibatkan seluruh siswa kelas XI sebagai subjek penelitiannya. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu motivasi belajar sebagai variabel bebas. Kemudian prestasi belajar sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif persentase dan analisis korelasi sederhana.
Berdasarkan analisis korelasi diketahui nilai rxy sebesar 0,704 dan sig= 0,017, artinya bahwa ada hubungan positif yang sigifikan antara variabel motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Al-Khozini Gondanglegi Kabupaten Malang. Nilai rxy yang sebesar 0,704 jika dikuadratkan diperoleh nilai sebesar 0,495, artinya bahwa 49,5% prestasi belajar siswa kelas XI SMK Al-Khozini Gondanglegi Kabupaten Malang mempunyai hubungan dengan oleh motivasi belajarnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar pada siswa kelas XI SMK Al-Khozini Gondanglegi dalam kategori tinggi. Dari kategorisasi yang terdiri dari kategori rendah, sedang dan tinggi, ditemukan siswa yang masuk dalam kategori tinggi sebesar 87%, sedang 13% dan yang masuk dalam kategori rendah sebesar 0%. sementara prestasi belajar yang dicapai siswa dapat dikatakan tinggi, terlihat dari adanya daftar nilai yang berada di atas angka 7 untuk semua mata pelajaran.
ABSTRACT
Motivation is one of important factor influence study and study achievement. Person has high motivation intends follow up his ability to get study achievement optimally. Strong and weaknesses of motivation of individual is different, it can be influenced by internal and external factors. But, right argument to improve by resecearch so that gets right answer.
Problem in this research that showed is: any or not correlation between study motivation with student study achievement. The aim of this research wants to know any or not correlation between study motivation with study achievement student XI class SMK Al-Khoziny Gondanglegi Malang regency.
Subject in this research are students XI class SMK Al-Khoziny Gondanglegi Malang regency year 2010/2011 contains 71 students. This research includes purposive sampling because only use all students XI class as research subject. There are two variables showed in this research, is that study motivation as independent variable. Then study student as dependent variable. The methods used in this research are questionnaires and documentation. The data is collected by percent descriptive technique and linier regression analysis.
Based on correlation analysis known that rxy score 0,704 and sig= 0,017 it means that any significant positive correlation between study motivation and study achievement student XI class SMK Al-Khoziny Gondanglegi Malang Regency influence between study motivation variables instead of internal motivation (X1) 2,926. External motivation (X2) 2,125 as partial to study achievement student XI class SMK Al-Khoziny Gondanglegi Malang Regency, 0,704 rxy score if it is become quadrate to score result 0,495, it means that 49,5% study achievement student XI class SMK Al-Khozini Gondanglegi Malang regency have correlation with their study motivation.
The results of this research showed that study motivation students XI class SMK Al-Khozini Gondanglegi Malang regency in high category, this category that include low category, middle and high, found that students include high category 87%, middle 13% and include low category 0%. While study achievement that achieve can be high category, it can be seen from score content that more than 7 for all subject.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mahmudah, Siti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; Study Motivation; Study Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2022 15:21 | ||||||
Last Modified: | 07 Dec 2022 15:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42191 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |