Mufidah, Wardatul (2011) Pengaruh kecerdasan intelektual kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap tingkat penyesuaian sosial pada siswa kelas akselerasi di SMPN 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06410109.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (880kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Keseluruhan proses hidup dan kehidupan siswa akan selalu diwarnai oleh hubungan dengan orang lain, baik itu dengan lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat luas. Sebagai mahluk sosial, para siswa selalu membutuhkan pergaulan dalam hidupnya dengan orang lain, pengakuan dan penerimaan terhadap dirinya dari orang lain akan memberikan warna kehidupan yang sebenarnya. Berhasil ataupun gagalnya siswa dalam proses penyesuaian sosial di sekolah akan sangat berkaitan erat dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menkaji tentang bagaimana pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual terhadap penyesuaian sosial.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap penyesesuaian sosial pada siswa kelas akselerasi di SMPN 3 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode skala psikologi (kuesioner), wawancara dan metode dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa Akselerasi dengan jumlah 33 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.
Dari hasil analisa penelitian ini memiliki persamaan regresi yaitu pengaruh antara kecerdasan intelektual (X1), kecerdasan emosional (X2), kecerdasan spiritual (X3), terhadap Penyesuaian Sosial (Y). Adapun persamaan regresi berganda nya sebagai berikut : Persamaan regresi berganda di atas mengandung makna sebagai berikut:(a)Koefisien regresi kecerdasan intelektual sebesar 0.494 menandakan bahwa kecerdasan intelektual tidak mempunyai pengaruh yang positif terhadap Penyesuaian sosial. (b) Koefisien regresi kecerdasan emosional sebesar 0,929 berpengaruh positif dan signifikan menunjukkan bahwa kecerdasan emosional yang dimiliki seorang Akan berdampak pada peningkatan penyesuaian sosialnya. (c) Koefisien regresi kecerdasan spiritual sebesar 0,698 menunjukkan tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penyesuaian sosial. Nilai Koefesien determinasi (R2) digunakan untuk mengetahui sebesar variable kecerdasan intelektual (X1), kecerdasan emosional (X2), dan kecerdasan spiritual (X3), dapat menjelaskan terhadap variable variabel dependen Penyesuaian Sosial (Y) sebesar 0,662 dan sisanya 0,338 disebabkan oleh variabel lain di luar penelitian.
ABSTRACT
The entire process of life and student life will always be colored by the relationship with others, be it with family, school and wider community. As social beings, students always need interaction with other people in his life, recognition and acceptance of himself than others would give real life colors. Succeed or fail students in the process of social adjustment in school will be very closely related to the factors that influence it. One factor that can have a strong effect on students' adjustment process is emotional intelligence. Several studies have been done trying to do studies about the influence of intellectual, emotional intelligence and spiritual intelligence with social adjustment. Unfortunately, previous studies showed different results, so the need to re-examine the research on the influence of intellectual, emotional intelligence and spiritual intelligence of social adjustment. Research questions posed in this study were: (1) intellectual influence on social adjustment, (2) the influence of emotional intelligence intelligence to social adjustment, (3) the influence of intelligence sporotual of social adjustment.
This study is a descriptive correlational, using a quantitative approach. The method used is a method of psychological scale (questionnaire), interview and documentation methods. The subject of this research is the number of students Acceleration with 33 people. Analysis of the data used in this study using multiple regression analysis.
From the analysis of this research has the effect of regression equation between the intellectual (X1), emotional intelligence (X2), spiritual intelligence (X3), of the Social Adjustment (Y). The regression equation was as follows: Multiple regression equations above contain the following meanings: : (a) intellectual regression coefficient of 0.494 indicates that the intelligence a positive influence on social adjustment. (b) emotional intelligence regression coefficient of 0.929 indicates significant and positive influence that emotional intelligence will have an impact on the improvement of social adjustment (C) regression coefficient of 0.698 indicates spiritual intelligence there have a positive and significant influence on social adjustment. Value of coefficients of determination (R 2) for variables used to determine intelligence (X 1), emotional intelligence (X 2), and spiritual intelligence (X 3), can explain to the Social Adjustment variables as dependent variables (Y) equal to 0.662 and the remaining 0.338 is caused by other variables outside of research.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penyesuaian Sosial; Kecerdasan Intelektual; Kecerdasan Emosional; Kecerdasan Spiritual; Social Adjustment; Intellectual; Emotional Intelligence; Spiritual Intelligence | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2022 15:27 | ||||||
Last Modified: | 07 Dec 2022 15:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42186 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |