Setyawan, Irvan Rizki (2011) Korelasi antara interaksi orang tua-anak terhadap kecerdasan emosional siswa SMP Muhammadiyah 1 Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06410094.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (784kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Emosi berperan penting dalam kehidupan. Menurut banyak bukti, perasaan adalah sumber daya terampuh yang kita miliki. Kesadaran dan pengetahuan tentang emosi memungkinkan kita memulihkan kehidupan dan kesehatan kita, melindungi keluarga kita, membangun hubungan kasih yang langgeng dan meraih keberhasilan dalam kehidupan kita. Faktor utama yang mempengaruhi kecerdasan emosional seseorang adalah faktor keluarga. Dalam hal ini, peranan orang tua menjadi amat sentral dan sangat besar pengaruhnya bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat interaksi orang tua- anak dengan kecerdasan emosional pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian kuantitatif, dan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif korelasional.
Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan pengambilan sampel didasarkan pada metode Stratified Proportional Random Sampling dan diambil sebanyak 64 responden untuk mewakili keseluruhan populasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan analisa norma, analisa prosentase dan analisa korelasi product moment karena terdiri dari dua variabel. Pengolahan datanya menggunakan perangkat lunak komputer yaitu SPSS 15.0 for windows.
Pada penelitian ini diketahui bahwa mayoritas siswa SMP Muhammadiyah 1 Jombang memiliki tingkat interaksi orang tua-anak pada kategori sedang dengan prosentase 75%. Untuk tingkat kecerdasan emosional mayoritas berada pada kategori sedang dengan prosentase 65% dan menunjukkan bahwa korelasi antara interaksi orang tua-anak terhadap kecerdasan emosional yang ditunjukan dengan hasil korelasi yang signifikan (rxy =0,555 ; sig = 0,000 < 0,01 ) artinya ada hubungan yang positif antara interaksi orang tua-anak dengan kecerdasan emosional.
ABSTRACT
Emotion plays an important role in life. According to a lot of evidence, feeling is the floodest resources we have. Awareness and knowledge about emotion allows us to restore our life and healt, protect our families, build relitionshoips of love and the eternal reach of succsess in our lives. The main factor that childhood, the children grow and develop in a family environment. In this case, the role of parents become very central and very large influence for the growth and development of the child, either directly or indirectly.
The objective of this research to kn0w the level of interaction parents- children with emotional intelegences in student of SMP Muhamadiyah 1 Jombang. This study use quantitative research paradigm, and the type of research is descriptive research correlation.
The method of the data collection that is used in this reaserch is the poll, observation, the documentation, and interview. While the sample is based on the propotional method Startifield Random Sampling an taken is many as 64 respondent to represent the entire population. Data collection tecniquess using analysis because interval data. Processing the data using the computer software SPSS 15.0 for windows.
On this reasech is know that the majority of student junior high school Muhamadiyah 1 Jombang had the level of interaction parent-child in the category medium with the 75% percentage. For the emotional intelligence is found that the majorty of student junior high school Muhamadiyah 1 Jombang in the category medium with the 65% percentage and indicates that the correlation and interaction between parent-child emotional intelligences of the results indicated a significant correlation (rxy = 0.555 ; sig = < 0,01) means that there is a positive relationship between the interaction of parent-children with emotional intelligences.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ardani, Tristiadi Ardi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Interaksi Orang Tua-Anak; Kecerdasan Emosional; Interaction Parent- Child; Emosional Intelegency | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2022 15:20 | ||||||
Last Modified: | 07 Dec 2022 15:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42181 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |