Setiawan, Dodi Agus (2011) Hubungan citra merek pasta gigi Pepsodent dengan loyalitas konsumen, pada mahasiswa Psikologi angkatan 2008 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07410074.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Era ekonomi global ini telah membuat persaingan semakin ketat, dan merek mempunyai andil yang sangat besar pada sebuah perusahaan. Berkat merek yang kuat omset menjadi meningkat. Sekarang ini perusahaan tidak lagi hanya memproduksi barang saja, akan tetapi juga berusaha dan berlomba-lomba memasarkan merek dan merek yang dapat mengambil hati konsumen dan membuat konsumen loyal adalah merek yang memiliki citra.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persepsi konsumen terhadap citra merek, dan untuk mengetahui tingkat persepsi loyalitas konsumen, serta hubungan antara citra merek pasta gigi Pepsodent dengan loyalitas konsumen pada mahasiswa Fakultas Psikologi tahun 2008/2009 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan antara citra merek pasta gigi Pepsodent dengan loyalitas konsumen mahasiswa Fakultas Psikologi tahun 2008/2009 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Penelitian ini menggunakan analisis korelasi produk moment dari rank spearman. Besarnya korelasi Rank Spearman berkisar antara -1 sampai +1. Berdasarkan output software SPSS 16.0, diperoleh nilai korelasi sebesar 0.300 dengan nilai signifikansi sebesar 0.001. Karena nilai signifikansi (=0.001) lebih kecil dari taraf nyata yang ditentukan yaitu sebesar 5% (=0.05), maka diputuskan untuk menolak H0 yang dikemukakan. Dengan kata lain, pada tingkat kepercayaan sebesar 95%, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara citra merek pasta gigi Pepsodent dengan loyalitas konsumen mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2008 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Hubungan antara kedua variable adalah hubungan positif, artinya semakin baik suatu brand image pasta gigi Pepsodent maka semakin loyal konsumennya. Namun hubungan antara keduanya tidak cukup erat, hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai korelasi rank spearman yang cukup jauh dari +1, korelasi antara kedua variable kecil yaitu sebesar (0,300). Untuk tingkat persepsi citra merek berada pada kategori sedang yaitu sebesar 67 persen, begitu pula dengan tingkat persepsi loyalitas konsumen juga berada pada kategori sedang yaitu sebesar 64 persen. Hal tersebut diperoleh berdasarkan output software SPSS 0.16.
ABSTRACT
This global economic era have made competition progressively tighten, and brand have very big contribution at a company. Because strong brand so that advantage become to increase. This time company shall no longer only producing just goods, however also try and compete to marketing brand and brand able to ingratiate consumer and make consumer of loyal is brand owning image.
This research aim to know relation among toothpaste of Pepsodent brand image with consumer loyalties at psychology faculty student on 2008 / 2009, at state university of Islam Maulana Malik Ibrahim of Malang.
Hypothesis, which is proposed in this research, is the existence of relation among tooth paste brand image of Pepsodent with psychology faculty student consumer loyalties 2008/2009 state university of Maulana Malik Ibrahim of Malang.
This research use correlation analysis of is product of moment of spearman rank. Level of correlation of rank spearman is range from - 1 till + 1. Pursuant to SPSS software output 16.0, obtained by correlation value equal to 0,300 with value of significance equal to 0,001. Because value of significance (=0,001) smaller than real level, which determined that is equal to 5% (=0,05), hence set decision on to refuse H0. With the other word, at level of confidence equal to 95%, can be concluded that there are relation between toothpaste brand images of pepsodent with psychology faculty student consumer loyalties of 2008 degree at state university of Islam of Maulana Malik Ibrahim Malang. Relation between both variable is positive relation, it’s good meaning progressively a toothpaste image brand of Pepsodent hence progressively its consumer loyal. But relation between both insufficient tight, this matter can be seen from level of correlation value of rank spearman which enough far from + 1, correlation between both variable is small that is equal to (0,300).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Irawan, Andik Rony | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | loyalitas konsumen; Citra Merek; Consumer Loyalties; Brand Image | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2022 15:26 | ||||||
Last Modified: | 07 Dec 2022 15:26 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42161 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |