Rosyidah, Ulfi (2011) Kesenjangan antara pemahaman dan harapan peran sebagai mahasiswa Psikologi: Studi fenomenologi pada mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06410059.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Mahasiswa psikologi merupakan salah satu output yang dimiliki oleh kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Masing-masing mahasiswa psikologi memiliki dinamika pemahaman dalam menjalankan perannya sebagai mahasiswa psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Perbedaan pemahaman tersebut menimbulkan adanya perbedaan tingkah laku mahasiswa. Pada observasi pertama ditemukan adanya kegelisahan dari beberapa mahasiswa psikologi dalam memenuhi harapan dari masyarakat, karena harapan tersebut bertentangan dengan Kode Etik Psikologi Indonesia. Kegelisahan ini menimbulkan kesenjangan antara pemahaman dan harapan sebagai mahasiswa psikologi sehingga memunculkan dinamika psikologis yang berbeda. Kode Etik diciptakan sebagai aturan yang memberikan petunjuk bagi tingkah laku mahasiswa, namun dalam konteks sosial norma masyarakat yang lebih mendominasi peraturan yang berlaku. Mahasiswa bukan hanya dituntut agar mentaati aturan Kode Etik saja namun juga norma masyarakat, dan antara keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Kesenjangan kedua norma tersebut menjadi sebuah fenomena yang menarik untuk dibahas dalam penelitian ini. Penelitian ini membahas tentang bentuk pemahaman dan harapan sebagai mahasiswa psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang beserta kesenjangan yang terjadi antara pemahaman dan harapan tersebut.
Penelitian ini berlokasi di Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sumber data penelitian ini berasal dari 4 orang subyek utama, 4 orang subyek pendukung, dan 1 orang informan ahli. Selain itu, peneliti memperoleh data dari civitas akademika dalam menggali bentuk-bentuk harapan peran. Dalam menentukan subyek-subyek tersebut peneliti menggunakan purpose sampling dengan menentukan beberapa kriteria tertentu diantaranya (1) Mahasiswa psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, (2) Aktif dalam kegiatan organisasi, terutama pada organisasi konseling. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Metode Perbandingan Tetap yang dikemukakan oleh Glaser & Strauss melalui 4 tahap yaitu reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, dan menyusun hipotesis kerja. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan metode triangulasi sumber, teknik, dan teori.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa subyek utama mempunyai pemahaman peran bahwa mahasiswa psikologi berperan sebagai: konselor sebaya, memiliki prestasi, memegang prinsip kode etik psikologi, peka terhadap lingkungan, memiliki self-management yang baik, dan komunikatif. Hasil penelitian juga memunculkan adanya harapan sebagai mahasiswa psikologi yang ideal berupa prestasi akademik, memiliki kapasitas keilmuan, sebagai psikolog, trainer, motivator, dan memiliki jiwa enterprenuership, serta memiliki nilai sosial, berperilaku Islami, inspiratif, dam mampu mengatur sikap. Dari pemahaman peran dan harapan masyarakat mengindikasikan adanya kesenjangan-kesenjangan yaitu adanya kealphaan dalam integrasi keilmuan, perbedaan kuantitas aplikasi ilmu ke masyarakat, berperilaku islami, bersikap sopan ke masyarakat, dan menjadi inspirator bagi mahasiswa lain. Di samping itu ada juga harapan masyarakat yang telah sesuai dengan pemahaman, yaitu: dalam melakukan aktifitas konseling, memiliki nilai sosial, dan mempunyai prestasi.
ABSTRACT
The college student of psychology is the one of outcome’s Islamic State University of Maulana Malik Ibrahim Malang. Every psychology students have the comprehention dynamics on performing as the psychology student of State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang. Those comprehention difference appear the behavior differences of student. At the first observation found any worried from the psychology students to fulfill the society expectation, caused of it be contradiction with The Ethical Code of Indonesian Psychology. This worried make the distance between the comprehention and role expectation as the psychology student wich apear the different of psychology dinamics. The Etichal Code was created as a behavior guidance of students, neither on social contect that the social norm is more dominate the happen rule. College student is not just respondent that ruling mentaati The Ethical Code just but also society norm, and among both has distinctive signifikan's one. The distance of both norm that as one interesting phenomenon to be worked through deep observational it. This research works through about clasify and role expectation as college psychology student of State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang therewith happening difference among comprehention and role expectation.
This research is located at Faculty of Psychology of State Islamic University Maulana Malik Ibrahim Malang. The observational data source from 4 person of main subject, 4 person of supporting subject, and 4 person of pro informan. Besides, researcher gets data from civitas academic person in dig up role expectation forms. In determine that subject researcher utilize purpose is sampling by determining umpteen given criterion amongst those (1) The college student of State Islamic University Malang, (2) Active in organisational activity, particularly on counselling organization. Data collecting procedure is done by use of interview, observation, questionnaire, and documentation. Meanwhile analisis's tech data in this research is used Constant Comparative Method one that is interposed by Glaser & Strauss trough 4 steps are data reduction, catagorization, sintization, and arranging job hypothesis. To test data validity, researcher utilizes to methodic source triangulation, tech, and theory.
This research result is conclude that the main subject has the role comprehention that student college of psychology is getting role as: peer counselor, having the achivement, holding Ethical Code Psychology principle, susceptible to environmental, have self management one that good, and communicative. The result of this research also arises to mark sense expectation as the ideal college student of psychology as achievement of academic, having scholarly capacity, as psychologist, trainer, motivator, and has enterprenuership's soul, and has social point, get islamic behaviour, inspiratif, and able to manage attitude. Of role comprehention and society expectation betokens to mark sense difference which is marks sense alpha in scholarly integration, the difference knowledge application amount goes to society, get islamic behaviour, polite pose goes to society, and becomes inspirator to other college student. Beside that there are also society expectation already corresponds to comprehention, which is: in do counselling activity, having social point, and has achievement.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nuqul, Fathul Lubabin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pemahaman; Harapan; Peran; Mahasiswa Psikologi; Role; Comprehention; Expectation; Student of Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2022 15:28 | ||||||
Last Modified: | 07 Dec 2022 15:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42135 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |