Solicha, Siti (2011) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri siswa di Madrasah Aliyah Al Maarif Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06410043.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Manusia adalah makhluk sosial, potensi dan kebutuhan sosialnya menempatkan manusia sebagai inividu yang terkait dengan lingkungan sosialnya bahkan dalam unit terkecil dalam keluarga. penyesuaian diri yaitu usaha manusia untuk mencapai harmoni pada diri sendiri dan pada lingkungannya. Pada penyesuaian diri yang baik dibutuhkan menejemen emosi dan empati, Penelitian ini membahas tetang (1) bagaimana tingkat kecerdasan emsoional siswa kelas X MA Almaarif Singosari?, (2) bagaimana tingkat penyesuaian diri siswa kelas X MA Almaarif Singosari?, (3) bagaimana hubungan kecerdasan emsoional dan penyesuaian diri siswa kelas X MA Almaarif Singosari?
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat Kecerdasan Emosional siswa kelas X MA Al Maarif Singosari, (2) untuk mengetahui tingkat Penyesuaian Diri siswa kelas X MA Al Maarif Singosari, (3) untuk mengetahui bagaimana hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Penyesuaian Diri siswa kelas X MA Al Maarif Singosari.
Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuntutatif jenis korelasional dan populasi yang diambil adalah siswa kelas X MA Almaarif, dengan sampek 20% dengan jumlah 50 subyek. Meode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, anget dan dokumentasi. Hasil uji validitas skala kecerdasan emosional dari 38 item, yang diterima adalah 36 item dan 2 item yang dinyatakan gugur atau di hapus. Pada skala penyesuaian diri dari 45 item yang diterima adalah 39 item dan 6 item dinyatakan gugur atau dihapus. Analisis ini menggunakan korelasi poduct moment pearson.
Hasil penelitian pada variabel kecerdasan emosional dapat digambarkan secara sederhana dari hasil pengkategorian tersebut pada 50 responden, di dapatkan 7 orang (14%) berada pada tingkat tinggi, terdapat 40 orang (80%) berada pada tingkat sedang, dan terdapat 3 orang (6%) pada tingkat rendah. Sedangkan pada variabel penyesuaian diri terdapat hasil 8 orang (16%) berada pada tingkat tinggi, terdapat 38 orang (76%) berada pada tingkat sedang, dan terdapat 4 orang (8%) pada tingkat rendah. Hasil dari korelasi kecerdasan emosional dengan pnyesuaian diri pada tabel di atas menujukkan adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri, perubahan penyesuaian diri sebagai akibat dari kecerdasan emosional sebesar ( x 100) = 62,6%, berarti sisanya 37,4% disebabkan variabel lain.
ABSTRACT
Human being is social being, potency and social need its place human being as individual which related to its social environment even in smallest unit in family, adjustment of oneself that is effort human being to reach harmony at own self and at its environment. Because at this age of natural individual of convulsion and change in oneself. This is research study about (1) how emotional intelligence level of class student X MA Al-Ma’arif Singosari? (2) How level adjustment of oneself class student X MA Al-Ma’arif Singosari?( 3) how relation emotional intelligence and adjustment of oneself class student X MA Al-Ma’arif Singosari?
Intention of this research is (1) to know emotional intelligence level of class student X MA Al-Ma’arif Singosari, (2) to know level adjustment of oneself class student X MA Al-Ma’arif Singosari, (3) to know how relation between emotional intelligence and adjustment of oneself class student.
This Research device use quantitative approach of type of correlation population and the taken is class student of X MA Al-Ma’arif, with sample 20% with amount 50 respondent. Method data collecting which is used in this research is observation, questionnaire, and documentation. Result of emotional intelligence scale validity test from 38 items, the accepted is 36 item and 2 expressed item be fail or in vanishing. At scale adjustment of oneself and 45 item the accepted is 39 item and 6 item expressed be fail or in vanishing. This analysis use correlation.
Result of research at emotional intelligence variable can be depicted simply from result of the category at 50 respondent, in getting 7 people (14%) residing in at is high level, there are 40 people (80%) residing in at level is, and there are 3 people (6%) at is low level. While at variable adjustment of oneself there are 8 people (16%) residing in at is high level, there are 38 people (76%) residing in at level is, and there are 4 people (8%) at is low level. Result of from emotional intelligence correlation with adjustment of oneself at tables of above showing the existence of relation which is significant between emotional intelligence with adjustment of oneself, change of adjustment of oneself in consequence of emotional intelligence equal to ( x100)=62,6%, meaning the rest 37,4% caused by other variable.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Arifin, Zainul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Penyesuaian diri; emotional intelligence; adjustment of oneself | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2022 15:17 | ||||||
Last Modified: | 07 Dec 2022 15:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42126 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |